PRO PILKADA

Mercy Optimis PDIP Berpeluang Pertahankan Kursi DPR-RI

Mercy CH Barends

RakyatMaluku.com – ANGGOTA Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Da­pil Provinsi Maluku, Mercy CH Barends, menga­ku optimis meraih satu kursi di DPR RI dengan kom­po­­sisi bakal calon anggota legislatif 2019 yang di­mo­­nopoli kaum perempuan.

Menurut Mercy, jika dilihat dari komposisi bakal calon legislatif diseluruh partai politik, PDIP mengusung isu perempuan dengan sangat luar biasa, dan sekiranya merupakan hasil seleksi yang juga luar biasa yang ditetapkan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.

“Saya sangat optimis sekali PDIP akan meraih satu kursi di DPR RI. PDIP kali ini sangat kuat mengusung isu perempuan. Dan apa yang telah ditetapkan oleh DPP, saya kira itu sudah sangat luar biasa,” ujar Mercy kepada Rakyat Maluku, akhir pekan kemarin.

Dikatakan, Bacaleg yang telah ditetapkan oleh DPP itu tidak secara asal-asalan, tetapi ditetapkan berdasarkan pada track rekor dan kapasitas yang dimiliki oleh para bakal calon anggota legislatif yang ada. Selain itu, kata anggota komisi VII DPR RI itu, hal tersebut berkaitan dengan tingkat elektabilitas dengan sistem perhitungan yang baru dalam hal ini sinliga.

Sehingga diharapkan keempat bakal calon yang diusung oleh PDIP dari Daerah pemilihan Maluku ini bisa ikut mengumpulkan suara sebanyak mungkin agar bisa mempertahankan satu kursi dari PDIP itu di Senayan Jakarta.

“Menyangkut dengan siapa yang bakal lolos ke Senayan, saya kira ini tergantung pada masing-masing dengan strategi kerja politiknya. Prinsipnya, PDIP pasti menjaga kursinya tetap ada di Senayan agar tetap mengawal kepentingan dalam proses pembangunan Maluku,” jelas dia.

Dari sisi komposisi di PDIP khusus dapil Maluku, isu perempuan itu dikuatkan. Tetapi dari sisi substansinya bukan berarti karena perempuan lantas isu perempuan saja yang dikedepankan, tidak. Tetapi semua irisan untuk kepentingan Maluku itu yang dikedepankan untuk bisa menerobos agenda kebijakan nasional di Senayan.

“Salah satunya adalah RUU daerah Kepulauan yang harus diterobos, sehingga RUU itu kemudian bisa mendapatkan tempat,” tutup dia. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top