AMBONESIA

Meriahkan Pesta Teluk, Dispar Tambahkan Mata Lomba

RakyatMaluku.com – GUNA memeriahkan Pesta Teluk Ambon, yang telah menjadi agenda tahunan di Kota Ambon, maka Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Maluku, yang merupakan penyelenggara kegiatan, akan menambahkan satu matalomba, dari yang ada ada. Mata lomba baru yang akan diikutkan untuk kegiatan Pesta Teluk Ambon, yakni destinasi spot foto selfie.

Penambahan mata lomba ini, dengan tujuan sebagai upaya menarik daya tarik wisatawan yang berkunjung di Maluku, terkhususnya Kota Ambon untuk menyaksikan acara yang sudah menjadi agenda tahunan dari Pemerintah Provinsi Maluku ini.

“Jadi kita akan memberikan insentif kepada setiap desa di lima kecamatan di kota Ambon, untuk membuat satu destinasi baru, untuk nantinya dinilai dan akan diumumkan pada puncak acara 20 Agustus,”ujar Kepala Dinas Parawisata Provinsi Maluku Habiba Saimima, kepada wartawan, Kamis 2 Agustus.

Kata dia, jika destinasi selfie dibuat bagus dan menarik para wisatawan, maka masyarakat sekitar akan memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat sekitar, tentu menambah perekonomia daerah dan pengembangan parawisata.
Dalam lomba ini, pihaknya juga melibatkan generasi pesona indonesia untuk menviralkan, sehingga spot destinasi wisata baru ini akan dikenal, bukan hanya di Maluku, tetapi secara nasional bahkan international.

Sementara lomba lainnya, sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu lomba perahu tradisional atau manggurebe arumbae, perahu semang, memancing, melukis, mendongeng kisah-kisah leluhur tanah Ambon, fotografi taman bawah laut, membuat mosaik, voli pantai, dan festival sajian khas Maluku, serta pembersihan laut di seputaran Teluk Ambon.

Untuk pelaksanaan Pesta Teluk Ambon, yang biasanya diselenggarakan mulai dari tanggal 6 – 10 september, tahun ini event tersebut dimajukan di bulan Agustus mulai dari tanggal 18 – 20 Agustus.

Hal ini dimaksudkan agar perayaan ivent tahunan yang diselenggarakan mulai dari tahun 2016 ini, diselenggarakan bersamaan dengan peringatan HUT Provinsi Maluku pada tanggal 18 agustus. (YAS)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top