KESEHATAN

Mudah! Atasi Kebotakan Dengan 5 Bahan Alami

KEBOTAKAN kerap membuat seseorang merasa minder atau kurang percaya diri. Faktor usia dan genetik menjadi pemicu utama seseorang mengalami kebotakan selain gaya hidup dan ketidakseimbangan hormon.

Dilansir dari Boldsky, Sabtu (12/5) Kebotakan muncul dimana saja, tetapi kebanyakan terlihat di dahi. Menumbuhkan kembali rambut di area yang botak bukan tidak mungkin. Berikut ini beberapa pengobatan kebotakan menggunakan bahan alami. .

1. Bawang
Bawang mengandung belerang yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu bawang juga membantu meningkatkan sirkulasi darah yang mengarah ke pertumbuhan rambut. Ambil 2-3 bawang kemudian  campur sehingga membentuk pasta kental. Oleskan pastatersebut di area yang botak dan pijat perlahan selama 10 menit. Biarkan selama satu jam. Nanti, bersihkan dengan sampo ringan.

2. Masker Telur
Rambut membutuhkan protein agar bisa tumbuh lebih cepat. Masker protein telur ini membantu Anda mengatasi kebotakan. Bahan: 1 kuning telur 2 sendok teh jus lemon 1 sendok makan minyak zaitun. Pisahkan kuning telur dari telur. Kocok sampai rata. Tambahkan 1 sendok the jus lemon segar dan 1 sendok makan minyak zaitun. Campur semua bahan bersama-sama. Oleskan masker ini pada area kulit kepala dan kebotakan. Biarkan selama satu jam dan bilas menggunakan sampo ringan. Anda dapat menggunakan obat ini dua kali seminggu untuk hasil yang lebih cepat.

3. Minyak Zaitun
Minyak zaitun mengandung antioksidan dan Vitamin E. Membantu menumbuhkan kembali rambut di area botak. Yang Anda butuhkan untuk obat minyak zaitun ini adalah 1 sdm minyak zaitun, 1 sdm madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis. Campur semua 3 bahan bersama-sama dan hangatkan. Oleskan ini pada rambut dan kulit kepala, terutama dengan fokus pada area di mana Anda memiliki patch yang botak. Biarkan selama 20-30 menit. Nanti, bersihkan menggunakan sampo ringan.

4. Santan Kelapa
Santan tidak hanya membantu mengurangi rambut rontok; tetapi juga menyuburkan rambut, sehingga tetap halus dan lezat. Campurkan ¼th cup yogurt dengan 1 sdm madu dan 2 sdt yogurt segar yang tidak bercitarasa. Campurkan bahan-bahan ini dengan baik. Oleskan pasta ini pada area yang terkena dan biarkan selama 30 menit. Setelah 30 menit, bilas dengan air biasa. Anda dapat mengulangi obat ini setiap minggu sekali untuk melihat hasilnya.

5. Daun Beetroot (Bit)
Beetroot mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan dan Vitamin yang membantu memperkuat pertumbuhan rambut. Ambil segenggam daun bit. Rebus dalam 1 gelas air. Setelah lunak, campurkan daun untuk membentuk pasta kental. Tambahkan 2 sendok makan bubuk henna ke dalam pasta daun bit. Oleskan ini pada kulit kepala dan rambut Anda. Diamkan selama setengah jam. Terakhir, bersihkan dengan air biasa. (fid/JPC)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top