KESEHATAN

Mujarab! Konsumsi Cabai Bantu Turunkan Berat Badan Lebih Cepat

RakyatMaluku.com – MENURUNKAN berat badan bagi sebagian orang bukan persoalan mudah. Diperlukan ketekunan dan proses yang lama. Salah satu caranya dengan menerapkan pola makan sehat dan olahraga teratur. Baru-baru ini sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi cabe dapat membantu dalam penurunan berat badan.

Dilansir dari Hello Magazine, Jumat (6/7), meskipun memiliki rasa yang pedas, cabe mempunyai khasiat mujarab untuk menurunkan berat badan, apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Bagaimana cara kerjanya? Sebagai contoh ketika sedang melahap mie ayam atau kari ekstra pedas itu, terkadang mengeluarkan banyak keringat.

Hal itu terjadi karena capsaicin, komponen aktif yang memberi efek panas pada cabai. Komponen ini tidak hanya mempercepat metabolisme tetapi juga memiliki manfaat tambahan untuk menurunkan berat badan juga. Sebab, banyak penelitian telah membuktikan, semakin hangat suhu badan, maka semakin kecil nafsu makan.

Sebuah studi dilakukan kepada tentara Amerika Utara selama Perang Dunia II. Para ilmuwan melacak asupan jatah mereka ketika berada di Kutub Utara dan ketika di padang pasir.
Hasilnya, Ketika berada di Kutub Utara, dengan suhu sekitar -34 derajat celcius, para tentara tersebut mengonsumsi rata-rata 20.500 kilo karbohidrat. Ketika di gurun, dengan suhu 33 derajat celcius normal, turun menjadi 13.000 kilo.

Capsaicin juga memiliki kemampuan untuk mengubah lemak adipose putih menjadi lemak adipose coklat. Lemak adipose putih adalah lemak paling umum di tubuh dan digunakan sebagai sumber energi. Sedangkan lemak adipose coklat berfungsi membakar kalori untuk menghasilkan panas bagi tubuh. Makanan serba cabai juga telah terbukti mengurangi tekanan darah, membantu arthritis, pencernaan dan mendukung sistem kardiovaskular. Mereka juga mengandung vitamin C tujuh kali lebih tinggi dari jeruk. Lalu berapa banyak cabai yang harus dikonsumsi setiap hari?

Seperti makanan yang lain, cabai harus mengonsumsi secukupnya di piring. Hidangkan bersama campuran makanan lainnya, dan jangan makan mentah-mentah yang dapat berisiko terhadap kesehatan lambung. Untuk mengolahnya, dapat menambahkannya ke dalam sayuran atau cukup digoreng sebagai pelengkap makanan, salad dan segala macam hidangan gurih. Bisa juga digunakan sebagai saus dan campuran bumbu lainnya. (fid/JPC)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top