AMBONESIA

Pasca Lebaran, Aktivitas Pelabuhan Yos Sudarso Padat

ARUS BALIK LEBARAN. Para penumpang berjalan turun dari atas Kapal KM Tatamailau saat tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Sabtu 23 Juni 2018. Puncak arus balik pemudik diprediksi terjadi pada H+15 Idul Fitri 1439 H.

RakyatMaluku.com – ARUS balik pasca Lebaran Idul Fitri 1439 H/2018 hingga minus 8 di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, tampak masih padat. Diperkiran, aktivitas arus balik pasca lebaran di Pelabuhan Yos Sudarso, Kota Ambon bakal berlangsung selama kurang lebih 15 hari setelah lebaran Idul Fitri pada tanggal 15 Juni pekan kemarin.

Pantauan Rakyat Maluku di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, pada Sabtu 23 Juni kemarin, arus balik di pelabuhan Kapal Yosudarso Ambon mulai meningkat hingga mencapai ribuan penumpang yang turun maupun yang naik.

Meskipun mulai meningkat hingga ribuan penumpang, namun menurut PT Pelni Ambon sendiri belum juga mencapai puncak arus balik yang diperkirakan oleh Pelni Ambin. Hal ini disampaikan Kepala Operasi Pelni Ambon, Djasman, kepada wartawan di Pelabuhan Yosudarso Ambon.

Kata Djasman, hari ini ada tiga kapal yang masuk mengangkut dan menurunkan penumpang arus balik lebaran di Pelabuhan Yosudarso Ambon, yakni kapal Tidar, Tatamailau dan Ciremai.

Kapal tersebut semuanya dari kawasan timur, tapi untuk penumpang yang naik hari ini tidak begitu banyak. Kemungkinan penumpang belum bergerak melonjak, karena masa libur para siswa pelajar belum selesai dan juga mahasiswa yang belum aktif kuliah. Sehingga arus balik hari ini belum dikategorikan mencapai puncak.

“Menurut kami, ini belum termasuk puncak arus balik. Karena rata-rata penumpang yang naik atau turun itu hanya mencapai empat ratusan dari tiap kapal yang datang,” kata dia.

Dia menjelaskan, penumpang yang turun itu, hanya dari KM Ciremai saja yang sedikit banyak dan mencapai 900 penumpang, itu kebanyakan dari Bau-Bau. Sementara untuk KM Tidar dan Tatamailau itu hanya berkisar 400 sekian penumpang yang naik maupun yang turun. “Ini belum mencapai puncak. Kemungkinan puncak arus balik ini ada pada 15 hari pasca Lebaran idul fitri. Karena anak-anak itu selesai liburan di bulan Juli,” simpul dia. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top