NEWS UPDATE

Pemerintah dan MUI Bolehkan Shalat Idul Adha 1442 H di Masjid

RAKYATMALUKU.COM – AMBON, — Organisasi masyarakat Islam  (Ormas), Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maluku, MUI Kota Ambon, dan jajaran Pemerintah Kota Ambon secara resmi mencabut edaran tentang larangan Shalat Idul Adha di Masjid, khususnya untuk wilayah Kota Ambon yang sempat viral.

Secara langsung, Shalat Idul Adha 1442 H, yang diumumkan jatuh pada tanggal 20 Juli 2021 mendatang, boleh digelar secara berjamaah di masjid yang ada di Kota Ambon.

Ketua MUI Kota Ambon, Dr. Moh. Rahanyamtel, yang dikonfirmasi rakyatmaluku.com via ponselnya, Kamis, 15 Juli 2021 pukul 21.11 WIT mengakui hal ini.

Menurut dia, shalat Idul Adha sudah disepakati untuk dapat digelar di masjid, dan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Dalam pertemuan tersebut, telah disepakati beberapa poin penting terkait Hari Raya Idul Adha 1442 H, yang beberapa hari ke depan akan digelar oleh seluruh umat Muslim di dunia, di antaranya;

Pelaksanaan Shalat Idhul Adha 1442 H, yg jatuh pada hari Selasa, 20 Juli 2021 berlangsung sebagaimana biasa dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Pemotongan hewan qurban berlangsung sebagaimana biasa dengan meniadakan kegiatan tambahan berupa hadhrat, atau kegiatan lain yg dapat menimbulkan kerumunan.

Panitia qurban untuk seluruh masjid atau lingkungan, harus aktif mendistribusi daging qurban ke rumah pihak-pihak yang berhak menerima, sehingga mereka tidak perlu mendatangi tempat penyembelihan yang dapat menimbulkan kerumunan.

Pawai Takbiran keliling ditiadakan, namun diimbau untuk tetap mengumandangkan kalimat Takbir, Tahlil dan Tahmid di masjid/mushallah masing-masing dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Diimbau kepada ummat Islam Kota Ambon khususnya, untuk selalu meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah Swt dan rasul-Nya (Muhammad Saw), dengan secara sungguh-sungguh berusaha melaksanakan segala yang diperintahkan Allah Swt, dan berusaha dengan sungguh-sungguh menjauhi segala larangan-Nya. Agar Allah Swt dapat mengampuni segala dosa kita, diberi kesehatan dan keselamatan dunia dan akhirat kelak,” isi imbauan dari Ketua MUI Kota Ambon, Moh Rayanyamtel dan Sekretarisnya, Sulaiman Wasahua, yang dibenarkannya. (*)

--------------------

Berita Populer

To Top