AMBONESIA

Pemerintah Hualoy Dan Tomalehu Hibah Tanah Untuk Bangun Polsek Amalatu

tokoh masyarakat serta pemuda Hualoy dan Tomalehu bertemu Kapolda Maluku Irjen Polisi Royke Lumowa, Kamis, 4 Juli 2019.

PEMERINTAH dan masyarakat dari Negeri Hualoy dan Negeri Tomalehu, Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) menghibahkkan tanah berukuran 90 x 50 meter persegi kepada Kepolisian Daerah (Polda) Maluku, agar dapat dijadikan sebagai lokasi pembangunan Kantor Polsek Amalatu, Kabupaten SBB.

Surat-surat hibah tanah tersebut diserahkan langsung kepada Kapolda Maluku, IrjenPol Royke Lumowa, oleh Penjabat Raja Negeri Hualoy, Hasyim Tubaka, bersama Penjabat Raja Negeri Tomalehu, Ahmad Pawae, beserta tokoh masyarakat serta pemuda Hualoy dan Tomalehu di ruang Kapolda Maluku, Kota Ambon, Kamis, 4 Juli 2019.

Penjabat Raja Negeri Hualoy, Hasyim Tubaka kepada wartawan menjelaskan, surat-surat tanah tersebut diserahkan kepada Polda Maluku langsung ke Kapolda, agar dapat digunakan untuk membangun fasilitas negara berupa Kantor Polsek Amalatu.

Tanah itu, berada di perbatasan antara Negeri Latu dan Negeri Tomalehu. Sehingga, ketika tanah ini sudah dibangun Kantor Polsek Amalatu, maka tentu sekaligus akan menjadi solusi untuk meminimalisir konflik yang terjadi di ketiga negeri itu. Tentu, pemberian tanah tersebut langsung dari ahli warisnya, yang dipercayakan kepada dua pejabat ini untuk diserahkan langsung kepada Kapolda Maluku.

Setelah penyerahan surat-surat tanah tersebut, selanjutnya tanah itu sah menjadi hak milik Polda Maluku untuk dibangun fasilitas Polsek Amalatu, seperti Kantor Polsek.

Pemberian tanah berukuran 90 x 50 meter persegi tersebut, lanjut Hasyim bersama Penjabat Tomalehu Ahmad Pawae, sudah melalui berbagai pertimbangan baik dari ahli waris tanah, tokoh masyarakat maupun pemerintah dari kedua negeri.

Tentu, pemberian tanah ini bermaksud untuk meningkatkan instabilitas keamanan baik di lingkup Kecamatan Amalatu umumnya, maupun di ketiga negeri khususnya.

Hasyim berharap, bantuan tanah yang sudah diserahkan secara langsung kepada Kapolda Maluku tersebut kemarin, kiranya dapat membantu Polda Maluku untuk membangunan Kantor Polsek Amalatu, yang saat ini tengah dipindahkan ke salah satu gedung di Negeri Rumahkay.

“Kami kedua Negeri, Hualoy dan Tomalehu menyerahkan hibah tanah kepada Bapak Kapolda untuk digunakan pihak kepolisian guna membangun fasilitas keamanan dalam hal ini Polsek. Yang mana, Polsek sampai saat ini sementara berada di Rumahkay,” jelas Hasyim diaminkan Pawae.

Lebih jauh, Hasyim menjelaskan, sebenarnya hibah tanah ini sudah terpikirkan sejak beberapa tahun lalu. Untuk sertifikatnya, kata dia, telah diserahkan kepadda Polres SBB, sementara bukti hibahnya langsung dibawa ke Polda Maluku, dengan harapan agar dapat dimanfaatkan demi kepentingan negara dalam lingkup menjaga instabilitas keamanan dan keutuhan masyarakat.

“Kalau Polsek duduk di tengah ketiga negeri, maka itu jauh lebih efektif dan efisien untuk mengontrol keamanan dari masyarakat di tiga negeri, sekaligus dapat meminimalisir berbagai bentrok yang kerap melibatkan warga,” tegas Hasyim, sembari berharap, kiranya tanah tersebut dapat membantu dan melancarkan pembangunan Polsek Amalatu ke depan. (AAN)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top