Uncategorized

Pemerintah Kirim Tenaga Kesehatan Layani Warga Mausu Aner

RakyatMaluku.com – BANTUAN kesehatan dari Dinas Kesehatan Provinsi Maluku mulai dibagikan kepada masyarakat suku Mausu Aner Negeri Maneo Rendah kawasan gunung Murkele pulau Seram Kabupaten Malteng.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Rosdiana Perau mengatakan, Dinas Kesehatan telah memberikan bantuan pengobatan kepada masyarakat se tempat. “Bantuan kesehatan berupa pengobatan dan juga pemberian makanan tambahan kepada masyarakat yang mengalami kondisi kelaparan di lokasi tersebut,” ujar Rosdiana kemarin.

Kata dia, dinas kesehatan telah melakukan identifikasi masalah tersebut, sehingga pihaknya memastikan bahwa yang terjadi diatas bukan terserang penyakit busung lapar. Namun karena kehabisan bahan makanan.

“Sesuai laporan yang kami terima, dari tim kesehatan Maluku Tengah dan Puskesmas Pasahari B, kondisi masyarakat setempat mulai membaik. Hanya saja kekurangan makanan. Kita akan terus memantau perkembangan yang terjadi di sana.”

Dia mengatakan, masyarakat penderita kelaparan itu adalah masyarakat suku terasing yang pola hidupnya pun berpindah-pindah dan terpencar-pencar, sehingga tidak dapat teridentifikasi terkait jumlah penduduk.

“Yang ditemukan disana itu hanya berjumlah 13 orang, yang mana terdiri dari empat orang remaja, 4 orang dewasa dan sisanya itu anak-anak dan balita.”

Kata dia, para petugas dilapangan telah mengirimkan bantuan logistik makanan dan minuman kepada kelompok masyarakat setempat.

Para petugas didampingi oleh Kasdim 1502/Masohi Mayor Inf. Adi Eka Jaya, Danramil 1502-05 Wahai Kapten Cba. La Ode Maaruf, pendeta, Kepala Dusun Siahari, dan Babinsa Koramil 1502-05 Wahai, serta beberapa ibu Persit Kartika Candra Kirana Kodim 1502 Maluku Tengah dan Koramil 1502-05 Wahai.

“Para petugas lapangan kemudian melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan terhadap anggota masyarakat Suku Mausu Ane yang sakit. Mereka sebagian menderita muntaber karena meminum air sungai yang belum dimasak, dan oleh petugas kesehatan sudah diberikan pengobatan,” tegas dia. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top