AMBONESIA

Pemkot Lounching Implementasi Smart City

Ilustrasi

RakyatMaluku.com – PEMERINTAH Kota Ambon terus mewujudkan berbagai program sebagai daya pendorong dalam mewujudkan Ambon menuju Kota Pintar. Dalam upaya tersebut, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, melaunching implementasi Smart City di Puskesmas Hutumuri, Kecamatan Letisel, Kota Ambon, Selasa 26 Juni 2018 kemarin.

Kegiatan tersebut diprakarsai oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian serta Dinas Kesehatan Kota Ambon, bekerjasama dengan PT. Telkom Indonesia Cabang Ambon.

Walikota Ambon, Richard Lohenapessy mengatakan, Pemerintah Kota telah meluncurkan program Ambon Smart City untuk memudahkan penggunaan dan penyiapan teknologi informasi di semua Kecamatan yang ada di Kota Ambon. “Pemkot bekerjasama dengan PT Telkom Cabang Ambon agar pembangunan infrastruktur dan jasa komunikasi bukan hanya di pusat Kota tetapi menjangkau Kecamatan Letisel,” ujar Richard.

Kata dia, mengingat keinginan terbesar dari Pemkot untuk seluruh desa dan kelurahan di Kota Ambon terjangkau layanan internet agar masyarakat terutama para pelajar tidak lagi kesulitan dalam mengakses internet. Bagi dia, tahap awal peluncuran program smart city, pihak Pemkot dalam hal ini Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian mendapat respon yang positif dari PT. Telkom Witel Maluku, yakni dukungan pemberian Wifi Service di sembilan lokasi di Ambon, yakni kawasan Pattimura Park, halaman Balai Kota, Tugu Leimena-Poka, area kantor kecamatan Teluk Ambon, Baguala dan kantor Disdukcapil. “Dipastikan ke depan masyarakat di Kecamatan Letisel juga akan dapat menikmati layanan yang sama,” jelas dia.

Pada kesempatan yang sama, Walikota juga melaunching aplikasi Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA) Generik Kota Ambon. Aplikasi SIKDA Generik merupakan aplikasi sistem informasi kesehatan yang mengintegrasikan sistem-sistem informasi di puskesmas, rumah sakit, dan sarana kesehatan lainnya, baik itu milik pemerintah maupun swasta.

Aplikasi SIKDA Generik dikembangkan dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan serta meningkatkan ketersediaan dan kualitas data dan informasi manajemen kesehatan melalui pemanfaatan teknologi informasi komunikasi.

Aplikasi SIKDA Generik merupakan penerapan standarisasi Sistem Informasi Kesehatan, sehingga diharapkan dapat tersedia data dan informasi kesehatan yang cepat, tepat dan akurat dengan mendayagunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengambilan keputusan/kebijakan dalam bidang kesehatan. Guna memperlancar pemanfaatan aplikasi tersebut, Dinas Kesehatan Kota Ambon mendapat bantuan 52 Unit Komputer dari Global Fund yang nantinya akan dibagikan ke 10 Puskesmas yang ada di kota Ambon. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top