AMBONESIA

Pemprov Maluku Majukan Agenda Pesta Teluk Ambon

RakyatMaluku.com – BERBEDA dari tahun sebelumnya, Event Pesta Teluk Ambon yang biasanya diselenggarakan mulai dari tanggal 6 – 10 September, tahun ini event tersebut dimajukan di bulan Agustus mulai dari tanggal 18 – 20 Agustus.

Hal ini dimaksudkan agar perayaan ivent tahunan yang diselenggarakan mulai dari tahun 2016 ini, diselenggarakan bersamaan dengan peringatan HUT Provinsi Maluku pada tanggal 18 Agustus. “Kita baru selesai rapat perdana terkait kesiapan pelaksanaan Pesta Teluk, jadi sudah disepakati kegiatan dimajukan mulai 18-20 agustus, sehingga bersamaan dengan HUT provinsi Maluku 18 Agustus,”ujar Kepala Dinas Parawisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Maluku, Habiba Saimima kepada wartawan di kantor Gubernur, Jumat 29 Juni.

Dijelaskan, ada penambahan jenis mata lomba dalam Pesta Teluk kali ini, yakni membuat tempat selfi untuk menjadi daya tarik wisata baru. “Jadi kita akan memberikan insentif kepada setiap desa di lima kecamatan di kota Ambon, untuk membuat satu destinasi baru, untuk nantinya dinilai dan akan diumumkan pada puncak acara 20 Agustus,” kata dia.

Menurutnya, jika destinasi dibuat bagus dan menarik para wisatawan, maka masyarakat sekitar akan memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat sekitar. “Selain itu akan ada pembersihan laut di seputaran Teluk Ambon.”

Sementara lomba lainnya, sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu lomba perahu tradisional atau manggurebe arumbae, perahu semang, memancing, melukis, mendongeng kisah-kisah leluhur tanah Ambon, fotografi taman bawah laut, membuat mosaik, voli pantai, dan festival sajian khas Maluku. Untuk perlombaan manggurebe, lanjutnya akan ada tim yang turun ke 11 kabupaten/kota untuk menjaring peserta. “Nanti kita kerja sama dengan Dinas Parawisata kabupaten/kota untuk mendatangkan mereka,” ujar dia. (YAS)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top