AMBONESIA

Pemprov Maluku Mantapkan Agenda Kunjungan Peter M. Christian

Presiden Micronesia - Pieters M. Cristian

RakyatMaluku.com – PEMERINTAH Provinsi Maluku intens mengadakan rapat untuk membahas persiapan rencana kunjungan Presiden Federal State Of Micronesia (FSM), Pieters M. Cristian ke Provinsi Maluku pada tanggal 21 Juli 2018 mendatang.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Provinsi Maluku, Zeth Sahuburua, di Kantor Gubernur Maluku kemarin, lebih memfokuskan pada kesiapan sarana dan prasarana perikanan di Maluku, mengingat kunjungan Pieters M. Cristian, untuk memantau intensitas produksi perikanan di daerah ini.

Zeth Sahuburua

Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua, ketika memimpin rapat ini menyatakan, kunjungan Peter M. Christian ke Maluku karena tertarik dengan sumber perikanan di daerah ini, yang sudah mendunia, sampai sekarang. Kiranya, lewat kunjungan Peter M. Christian nanti, akan ada kerjasama yang dapat meningkatkan pendapatan daerah di bidang perikanan.

Sebab itu, semua kesiapan harus dilakukan dari sekarang, mengingat waktu kunjungan Peter M. Christian bersama rombongannya sudah sangat dekat. Hanya tinggal beberapa hari ke depan saja, yakni tanggal 21 Juli 2018. “Jadi dia akan berkunjung ke Waiheru. Di sana, dia (Peter M. Christian) akan melihat langsung. Apakah memang betul bisa dibuktikan atau tidak, potensi ikan terbesar ada di Maluku. Nanti bisa tanyakan saja ke Dinas Perikanan yang memang sedang mempersiapkan segala sesuatunya tentang pendayagunaan seluruh fasilitas tentang ikan di sana,” ujar Sahuburua.

Lanjut Wagub Maluku, Peter M. Christian juga akan melihat kondisi Maluku lainnya, khususnya yang ada di Kota Ambon. “Terakhir, beliau mau melihat kondisi kita disini. Beliau senang mungkin, karena beliau keturunan Maluku.” Sahuburua berharap, mulai dari kedatangan hingga Presiden Micronesia kembali, semuanya bisa berjalan dengan aman dan lancar. Rapat kedua persiapan kunjungan Presiden Microbedia ini, dipimpin langsung Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua.

“Kami mengundang semua pihak yang memiliki keterkaitan, dalam rangka persiapan kunjungan orang nomor satu di Micronesia ini ke Maluku.”

Pihak-pihak yang diundang pada rapat persiapan ini antara lain dari Kodam, Polda maupun dinas atau instansi terkait dimana lokasi-lokasi yang akan dikunjungi Presiden Micronesia. Adapun agenda yang berkaitan dengan kunjungan Presiden Micronesia ini, yakni, dimulai dengan agenda memberikan kuliah umum di Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon.

“Untuk materi yang akan disampaikan beliau, kita belum tahu. Tapi, saya kira tentang kualitas sumber daya manusia,” kata dia.

Beberapa pejabat dari jajaran Polda dan Kodam yang terlihat hadir pada pertemuan ini, antara lain: Komandan Korem 151 Binaiya Kolonel inf Christian Tuhuteru, Direktur Intelkam Polda Maluku Kombes Muhammad Ansory Arifin (dirintelkam), dan Kapolres P. Ambon dan P. P. Lease AKBP Sutrisno Hadi Santoso SIK. (YAS)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top