AMBONESIA

Pemprov Maluku Perhatian Penuh Kepada Batabual dan Waeapo

Zeth Sahuburua

RakyatMaluku.com – PEMERINTAH Provinsi Maluku memiliki perhatian penuh terhadap pembangunan di seluruh wilayah di daerah ini, termasuk juga untuk wilayah Kecamatan Batabual dan Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru. Bahkan, kepeduliaan terhadap dua wilayah tersebut, Pemprov Maluku telah mengusulkan kepada Pemerintah Pusat (Pempus) agar dalam pembangunan ruas jalan di kedua wilayah tersebut, dianggarkan langsung lewat APBN perubahan 2018.

Hal ini ditegaskan langsung oleh Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua, ketika menerima perwakilan demonstran Pergerakan Mahasiswa Kecamatan Batabual, di Kantor Gubernur Maluku, kemarin.

Bagi Wagub Maluku, untuk membangun ruas jalan di daerah ini secara merata, maka APBD yang disiapkan di daerah ini sangat tidak cukup.

Sebab itu, dibutuhkan adanya dukungan anggaran langsung dari Pempus, termasuk untuk wilayah Batabual dan Waeapo dimaksud. Ia tentu memberikan apresiasi kepada para pemuda dari Buru yang sudah mengingatkan pemerintah daerah, dalam bentuk aksi kemarin. Sebagai mantan Ketua KNPI Maluku, Wagub Maluku sangat mendukung aspirasi yang disampaikan masyarakat secara terbuka.

Hanya saja, dalam kebutuhan daerah yang sesuai dengan tuntutan para demonstran, dapat dilakukan sesuai dengan penetapan anggaran dan mekanisme yang berlaku. Kata dia, tidak semerta masyararakat meminta, lalu kemudian direalisasikan. Setiap realisasi program pembangunan termasuk pembuatan jalan di lapangan, harus melalui proses oleh SKPD terkait, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Bappeda Provinsi Maluku.

Setelah mendengar permintaan para demonstran, Wagub Maluku juga meminta keterangan Kadis PU Maluku, Ismail Usemahu, terkait program pembangunan jalan pada dua wilayah tersebut. Di mana, hasilnya bahwa, pembangunan pada kedua wilayah ini sudah masuk dalam daftar APBN Perubahan, yang tidak lama lagi akan direalisasikan di lapangan.

Ia berharap, para pemuda yang tergabung dalam aksi ini, dapat memantau langsung jalannya pembangunan di lapangan setelah direalisasikan. Kata Wagub, dari hasil koordinasi dengan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Ismail Usemahu, ada beberapa ruas jalan di pulau Buru sudah diusulkan untuk dianggarkan dalam APBN-Perubahan 2018, khususnya Dana Alokasi Khusus (DAK); wilayah Mako – Kayeli dan Kayeli – Ilat.

“Kita belum mengetahui berapa besar anggaran yang akan diberikan, apakah bisa terealisasi atau tidak. Mengingat kita tidak bisa mentuntut terlalu banyak dari APBN, semua keputusan ada di pemerintah pusat yaitu Kementerian PUPR.”

Selain diusulkan dalam APBN-Perubahan, kata dia, kedua ruas jalan tersebut ju ga diusulkan untuk DAK 2019. Diharapkan usulan tersebut bisa terealisasi nanti.

Un­­tuk itu, ia meminta kepada para mahasiswa asal Buru ini, agar tetap sabar, dan terus memantau ja­lan­­ nya pembangunan di daerah ini secara bersama-sa­ma dengan pemerintah. (YAS)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top