AMBONESIA

Pemprov Maluku Siapkan Mudik Gratis Jalur Laut dan Darat

RakyatMaluku.com – PEMERINTAH Provinsi Maluku menyediakan mudik gratis baik lewat jalur laut dengan menggunakan kapal Pelni, perintis, kapal penyeberangan ferri maupun angkutan darat, bagi warga muslim Maluku yang akan mudik lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

“Jadi ini program Pemerintah Provinsi Maluku setelah sebelumnya juga memberikan mudik gratis jelang Natal kemarin, dan tahun ini kita akan berikan mudik gratis bagi warga muslim yang akan mudik dengan menggunakan kapal laut, angkutan darat dan angkutan penyeberangan ASDP (Kapal Feri).” Demikian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Maluku, Angky Papilaya, pada jumpa pers yang digelar Jumat, 25 Mei.

Menurut dia, ada delapan daerah yang menjadi tujuan mudik gratis, yakno Tual, Maluku Tenggara, Kepulauan Aru, Buru, Buru Selatan, Maluku Tengah, Seram Bagian Timur. Untuk lajur laut menggunakan kapal Perintis KM Sabuk 63, dan Maloli pada tanggal 4 Juni mendatang. Sedangkan untuk angkutan darat, dikatakanya Pemda telah siapkan 8 unit bus trans amboina untuk mengangkut masyarakat dari Gong Perdamaian menuju pelabuhan penyeberangan di Waai dan Hunimua.

“Ini akan kita laksanakan selama 10 hari. jadi akan dimulai H-10 (jelang lebaran). Jadi masyarakat yang akan mudik dengan kepala peneyeberangan ferri bisa menggunakan bis ini.”

Sementara mudik gratis untuk kapal ferry akan dilaksanakan pada tanggal 12 Juni. “Semua kapalyang keluar dari Pelabuhan Ambon maupun Waai akan kita gratiskan kepada masyarakat yang mau mudik menggunakan kapal ini.” Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan BUMN melalui Bulog yang adakan mudik gratis pada 8 Juni dengan rute Ambon-Banda. Dimana ada 500 sheet yang disiapkan.

“Sementara ASDP akan laksanakan mudik gratis tiga hari untuk rute Ambon-Masohi, Galala-Namlea selama tiga hari. Jadi Kegiatan mudik gratis kita sudah atur mekanismenya agar berjalan aman,” kata dia. (YAS)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top