HUKRIM

Pemuda Kapaha Ambon Tangkal Radikalisme

RAKYATMALUKU.COM,- Berbagai aksi radikalisme yang kerap terjadi di berbagai negara, termasuk di Indonesia patut dicegah oleh semua pihak, terutama kalangan pemuda. Pasalnya, pemuda sangat rentan dengan doktrin keyakinan yang dapat menjerumuskan mereka untuk tergabung dalam organisasi-organisasi radikal, yang justeru tidak diketahuinya.

Guna menangkal hal ini, sejumlah pemuda di komplek Kapaha, Pandan, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon intens menggelar pengajian, yang disertakan dengan sosialisasi bahaya radikalisme.

Pengajian rutin serta Sosialisasi tentang Radikalisme dan Bahayanya bagi pemuda, masyarakat, agama dan negara oleh pemuda Kapaha ini diisi oleh Ustad Heri Radly, yang digelar di Masjid Alukhuwah, Kapaha, Rabu. 26 Juni 2020.

Menurut Heri, pemuda harus memahami apa dan bagaimana radikal itu. Sebab, dengan mengetahui bahaya laten yang ada di dalam aksi-aksi radikal itu, pemuda akan sadar dan ingin menjauhinya. Sebab, tak ada satupun agama yang mengajarkan tentang radikalisme. Justeru, agama semuanya mengajarkan tentang kebaikan, toleransi dan pentingnya menjaga hubungan antar sesama.

Kegiatan yang juga dihadiri sejumlah mantan mujahidin seperti, Wahidin Rahmad, Rusdiansah alias Abu Sifa, Muhammad Yusran hingga Laewa, sangat penting dilakukan, terutama di tengan dunia sedang dihadapkan dengan bencana non-alam, coronavirus disease 2019 (Covid-19). Para pemuda terlihat serius menyimak setiap materi yang dipaparkan oleh Ustad Heri.

Bagi Heri, umat Islam wajib mempelajari secara baik hukum-hukum Islam, agar ia tidak mudah terjerumus dalam aksi-aksi radikal yang kerap mengatasnamakan agama. Dengan memahami seluk-beluk ajaran Islam secara baik dan benar, maka ia justeru akan kuat imannya dan tidak mudah mengikuti ajaran atau aliran-aliran doktrin untuk melakukan tindakan radikal, atau membahayakan dirinya sendiri. (*)


======================
--------------------

Berita Populer

To Top