Uncategorized

Pemuda Wetar Tanam Pohon Antisipasi Abrasi

Komunitas Wetar Peduli belum lama ini menggelar kegiatan penghijauan dengan penanaman pohon di samping sungai Letahu, Desa Lurang, Kecamatan Wetar

DALAM rangka mengantisipasi abrasi atau pengikisan oleh air sungai yang terjadi secara perlahan namun pasti dalam setiap tahun, pemuda Wetar yang tergabung dalam Komunitas Wetar Peduli belum lama ini menggelar kegiatan penghijauan dengan penanaman pohon di samping sungai Letahu, Desa Lurang, Kecamatan Wetar, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD)

Ketua Komunitas Wetar Peduli, Freddy Frits Manureng, kepada Rakyat Maluku, kemarin, mengungkapkan, gerakan ini muncul atas kesadaran pemuda di Wetar terhadap kelestarian alam terutama untuk menghijaukan kembali Pulau Wetar.

”Saat ini, jarak terdekat antara sungai ke permukiman tidak lebih dari 200 meter; sementara ketinggian tanggul alam atau natural levee tidak lebih dari 1 meter. Ini berarti bahwa ancaman banjir tidak terhindarkan selama warga hanya berdiam diri,” ujarnya.

Lagi pula  kata dia, pemanfaatan lahan dan hutan yang tidak sesuai aturan ikut menjadi sumbangan yang korelatif terhadap ancaman ablasi.

”Nah, sebagai anak muda yang tinggal di desa ini dan mencari makan dari perut Nusa Laung, Komunitas Wetar Peduli atau juga disebut Kontarli, ingin berkontribusi untuk terhindar dari ablasi dan ancaman banjir ke pemukiman. Oleh karenanya, Kontarli menawarkan kegiatan penghijauan kepada pemerintah desa Lurang dan disetujui. Akhirnya kegiatan penanaman pohon bisa terlaksana pada pekan kemarin,” pungkasya.

Ditambahkan, kegiatan penghijauan diikuti oleh puluhan pemuda Wetar dan dilakukan di bantaran sungai. Jarak line kuning yang dibuat dari GE terhitung 300 meter. Sementara jenis tanaman yang ditanam adalah“Kedondong Hutan” atau pohon Kudo.

”Jenis ini dipilih karena kemudahan untuk mendapatkannya, dan kemudahan jenis tanaman ini tumbuh di semua morfologi tanah. Selain itu, dampak yang dirasakan selain penguatan struktur tanah dan mengurangi ablasi termasuk pencegahan banjir, juga secara langsung ikut memurnikan kualitas udara di sekitarnya,” papar dia.

Freddy mengimbau agar pohon yang sudah ditanam dapat dijaga dengan baik agar bisa tumbuh dan berdaya guna. (NAM)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top