NEWS UPDATE

Pengembangan Sentral Kesehatan Berbasis Gugus Pulau Akan Dijadikan Pusat Rujukan

Hamin Bin Tahir

SALAH satu program strategis pemerintah daerah Provinsi Maluku, yaitu pengembangan kesehatan berbasis gugus pulau. Dalam perencanaan pengembangan, ada terdapat 58 gugus pelayanan di 12 gugus pulau. 

Untuk itu, dengan pola ini, sentral gugus akan dijadikan sebagai pusat pelayanan rujukan antar fasilitas kesehatan dan pusat pendidikan skill dan upgrade keilmuan bagi seluruh tenaga kesehatan yang berada dalam wilayah gugusan. 

Hal ini disampaikan Plh Gubernur Maluku, Hamin Bin Tahir dalam sambutannya, pada Rapat Kerja Kesehatan Daerah Provinsi Maluku, yang berlangsung di Santika Hotel, Senin 8 April 2019

Menindaklanjuti hal tersebut,  kata Hamin, maka pusat gugus harus dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana penunjang lainnya, demikian dengan distribusi tenaga kesehatan dengan kualifikasi lengkap yang mempunyai skill. 

“Hal ini sesuai dengan salah satu prioritas daerah Maluku yaitu peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan yang merata dan terjangkau,” ujar Hamin.

Diakuinya, derajat kesehatan di Maluku dari tahun ke tahun menunjukan kemajuan yang signifikan. Hal ini dibuktikan Usia Harapan Hidup (UHH) di Maluku menunjukan peningkatan dalam 5 tahun terakhir. 

“Untuk memaksimalkan peningkatan derajat kesehatan masyarakat Maluku, tentunya menjadi tanggungjawab semua sektor melalui peran masing-masing yang telah terpetakan dalam RPJMD dan Rencana Strategis,” paparnya.

Untuk itu, dirinya berharap melalui rapat kerja kesehatan dapat menjadi momentum yang sangat penting dalam memulai periode pemerintahan yang baru dapat mengetahui dan menetapkan program serta kegiatan prioritas baik di Provinsi Maluku dan kabupaten/kota dan apa yang menjadi visi dan misi bersama dalam mewujudkan derajat kesehatan di Maluku. (YAS)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top