AMBONESIA

Pengurusan e-KTP Di Disdukcapil Ambon Kembali Normal

Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Ambon

RakyatMaluku.com – PELAYANAN pembuatan Kartu Tanda Penduduk Electrik (e-KTP) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk Capil) Kota Ambon yang sempat tertunda, akibat hilangnya dua unit komputer operator beberapa waktu lalu, mulai kembali normal seperti biasa.

Meskipun hanya menggunakan satu unit komputer, pihak Disdukcapil Kota Ambon tetap membuka pelayanan, mengingat tingginya kebutuhan masyarakat di Kota Ambon, dalam pengurusan administrasi kependudukan.

Kepala Bidang Pencatatan Sipil Disdukcapil Kota Ambon, Rita Pattiwael, menjelaskan, pelayanan pembuatan e-KTP kepada masyarakat harus tetap jalan, meskipun hanya dengan menggunakan satu unit komputer yang sebelumnya digunakan khusus untuk pelayanan sidik jari masyarakat.

Bagi dia, pelayanan masyarakat terkait pembuatan e-KTP sudah mulai berjalan pagi tadi, Senin (9/7). Hal itu dilakukan kerena merupakan kebutuhan masyarakat. Sehingga, berdasarkan permintaan dari Sekretaris Kota Ambon, maka pelayanan terkait hal tersebut mulai dilakukan di Disduk Capil Kota Ambon.

“Kita baru membuka pelayanan untuk pembuatan e-KTP bagi masyarakat, dan baru mulai dibuka pada pukul 9.00 WIT tadi,” ujar Rita.

Dia menjelaskan, komputer yang dipakai sementara untuk pelayanan e-KTP itu menggunakan komputer khusus yang dipakai sebelumnya untuk sidik jari dan iris mata. Meski melakukan pelayanan dengan satu unit komputer, namun hingga kini tidak ada kendala, karena hari ini tidak begitu banyak masyarakat kota Ambon yang tau bahwa pelayanan telah dilakukan sejak hari ini.

Pihaknya berharap, ada pengadaan unit komputer ke Dukcapil agar pelayanan yang dilakukan terkait pembuatan e-KTP bagi masyarakat itu kemudian tidak terbeban pada satu unit komputer yang ada saat ini. “Kita berharap, ada pengadaan komputer secepatnya agar pelayanan e-KTP bagi masyarakat itu berjalan lancar dan tidak terpaku pada satu unit komputer yang sementara ada,” jelas dia. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top