AMBONESIA

Penurunan IHK Timbulkan Deflasi Di Ambon

RakyatMaluku.com – TERJADINYA penurunan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari angka 129,27 ke 127,40 antara Juni ke Juli 2018 mengakibatkan Kota Ambon mengalami deflasi sebesar 1,45 persen. Hal ini terjadi lantaran adanya penurunan IHK pada dua kelompok pengeluaran, yakni pada kelompok bahan makanan sebesar 4,80 persen dan pada kelompok transpor, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 2,42 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku, Dumanggar Hutahuruk, menjelaskan, inflasi terjadi pada lima kelompok pengeluaran yakni kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau sebesar 0,65 persen.

Sementara kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar sebesar 0,15 persen. Selain itu, untuk kelompok sandang Sebesar 0,35 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,25 persen, kelompok pendidikan, rekriasi dan olahraga sebesar 0,53 persen. “Pada bulan Juli 2018, komoditi-komoditi dalam paket komoditas IHK yang mengalami kenaikan harga memberikan sumbangan/andil terhadap inflasi Kota Ambon, 1,1570 persen. Sedangkan komoditi-komoditi yang mengalami penurunan harga memberikan sumbangan/andil bagi inflasi kota Ambon sebesar -2,6074 persen,” sebut Dumanggar, kepada wartawan, kemarin.

Ia menjelaskan, komoditas yang menyumbang deflasi di Kota Ambon adalah ikan layang, angkutan udara, ikan selar, ikan cakalang sap, dan lemon cina, komoditas tang dominan menyumbang inflasi di Kota Ambon dalah tarif pulsa ponsel, kangkung, cabai merah, cabai rawit, dan rumah kontrak.

Sementara untuk Kota Tual terjadi kenaikan dalam paket komoditas IHK pada 5 kelompok bahan makanan sebesar 2,16 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,25 persen, kelompok perumahan air, gas, listrik, dan bahan bakar sebesar 0,12 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,15 persen, kelompok pendidikan, rekriasi, dan olahraga sebesar 0,19 persen. Dua kelompok pengeluaran yang mengalami deflasi adalah kelompok sandang sebeaae 0,06 persen serta kelompok transpor komunikasi dan jaa keuangan.

Komoditas di bulan juli yang memberikan paket komoditas IHK Kota Tual yang mengalami kenaikan harga memberikan sumbangan/andil terhadap inflasi sehingga Kota Tual mengalami kenaikan harga. “Untuk, komoditas yang menyumbang inflasi di Kota Tual adalah daun singkong, kangkung, tarif pulsa ponsel, ikan kembung, dan embal gepe, sementara yang menyumbang deflasi, yakni ikan baronang, ketela rambat, sawi hijau, dan telur ayam ras,” tutup dia. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top