KESEHATAN

Perlukah Santap Kurma Dan Vitamin Saat Berbuka Dan Sahur?

KETIKA berpuasa, biasanya tiap keluarga akan menghidangkan aneka makanan lengkap saat berbuka dan sahur. Tak terkecuali menyiapkan vitamin, kurma, dan susu. Tujuannya agar anggota keluarga kuat dan tetap bugar selama berpuasa. Sebetulnya, seberapa besar manfaat susu, kurma, dan vitamin untuk membuat tubuh lebih bertenaga saat berpuasa?

Kurma
Kurma adalah makanan yang sangat baik karena mengandung karbohidrat sederhana. Kurma kaya serat serta tinggi magnesium dan kalium.

“Kurma baik dikonsumsi saat buka maupun sahur,” ungkap Diah.

Karbohidrat sedernana seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa memungkinkan kurma memberikan energi tubuh dalam waktu singkat. Fruktosa juga tidak membutuhkan insulin, sehingga langsung dapat masuk dalam sel tubuh. Kandungan kaliumnya yang tinggi akan membantu menahan air tubuh sehingga membuat kita tidak cepat dahaga.

Susu
Susu baik diminum sebagai tambahan protein dan kalsium. Jika merasa asupan dari makanan kita kurang atau belum berpedoman gizi seimbang, maka minum susu bisa menjadi alternatif memenuhi kebutuhan gizi.

“Namun jika konsumsi kita sudah baik dan lengkap, maka susu tidak terlalu diperlukan,” kata Diah.

Vitamin
Sama seperti susu, vitamin adalah suplemen yang dibutuhkan jika asupan vitamin kita dari makanan masih kurang. Namun, jika kita sudah makan makanan seimbang serta tubuh kita dalam kondisi sehat, maka suplemen vitamin tidak diperlukan.

“Prinsipnya jangan lupa mengonsumsi buah dan sayur agar kebutuhan vitamin dan mineral tercukupi,” katanya.

(ika/JawaPos)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top