AMBONESIA

Polres Ambon Layak Dipimpin Kombes

Agung Tribawanto

RakyatMaluku.com – TIM khusus dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), dan Mabes Polri Biro Reformasi Birokrasi, diutus ke Kota Ambon. Kedatangan tim guna mensurvei serta menilai Polres Ambon Pulau Ambon dan Pp Lease, karena layak dinaikkan status dari tipe B ke tipe A. Bila tipe, maka Kapolres dijabat seorang berpangkat Komisaris Besar (Kombes) Polisi.

“Tim kusus di utuskan khusus dari Kemenpan-RB dan Mabes Polri, menilai kalau Polres Ambon ini sudah layak untuk ditingkatkan statusnya dari Polres menjadi Polresta,” ujar Wakapolres Pulau Ambon Kompol Agung Tribawanto kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis, 26 Juli.

Indikator penilaian utuskan dari Jakarta, salah satunya wilayah geografis. Di mana wilayah hukum Polres Ambon mengkafer sebagaian wilayah Kabupaten Maluku Tengah. Wilayah Malteng seperti Kecamatan Leihitu, Leihitu Barat, Salahutu, Pulau Haruku, Saparua, dan Nusalaut. Keran itu, tim menilai layak diangkat statusnya ke tipe A.

“Yang dinilai itu, pertama wilayah georafisnya sudah sangat mendukung dan layak untuk itu.” akui dia.

Selain geografis, pelayanan terhadap mas­ya­ra­­kat dan angka kriminalitas yang terjadi. Ditambah pertumbuhan penduduk dari waktu ke waktu sema­kin meningkat. Lanjut dia, bila statusnya dinaikkan. Maka akan ditunjung dengan peningkatan personel termasuk pengeloaan anggaran yang sa­n­gat baik dengan kategori pagu besar, menjadi indi­kator penilaian.

“Dengan demikian, kedepan apabila sudah resmi dinaikan status tentu nantinya kan ada penambahan personil. Karena memang tidak seimbang dengan tuntutan pelayanan publik, kemudian banyak angka kriminalitas yang terjadi. Tetapi syukur alhamdulillah, pelayanan untuk masyarakat juga kita masi bisa memaksimalkan. Jadi sudah layak dinaikan untuk itu, apalgi Tipe Polda juga sudah naik, sudah seharusnya Polres jadi Polresta,” ucapnya.

Untuk kesiapan internal Polres Ambon sendiri, pihaknya telah merampungkan semua yang ber­kaitan dengan pergantian tipe Polres. Dan su­dah di­siapkan tinggal menunggu persetujuan Mabes Polri.

“Kita sudah siapkan semua administaris ber­kaitan dengan itu (pengalihan status Polres, reds), tinggal menunggu persetujuan resmi saja. Kalau sudah kita akan usulkan ke bagian Asrena (Asistensi Perencanaan dan Anggaran) Mabes Polri,” tutur Tri Bawanto. (AAN)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top