BERITA COVID-19

Polres SBB Kawal Penegakan Protokol Kesehatan

RAKYATMALUKU.COM – SBB,- Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) didukung TNI dan pemerintah kabupaten, memaksimalkan pengawasan terhadap aktifitas masyarakat mematuhi protokol kesehatan, untuk pencegahan penyebaran wabah Covid-19.


Dalam rangka memaksimalkan pemantauan dan pengawasan terhadap peningkatan protokol kesehatan, maka Polres SBB secara resmi membentuk Posko Gabungan, yang ditempati aparat kepolisian dan TNI maupun Satpol PP. Selain menggelar patroli keliling, juga peningkatan pengawasan pada setiap posko yang sudah dibentuk.

“Pengamanan ditingkatkan karena ada perintah dari pusat untuk melaksanakan pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan dalam menegakan operasi yustisi,” jelas Kapolres SBB, AKBP Bayu Tarida Butar Butar, kepada rakyatmaluku.com di ruang kerjanya, Jumat, 18 September 2020.

Baca juga, Polres SBB Akan Sediakan Tempat Karantina dan Parkir Ternak

Menurut Kapolres, patroli bersama dimaksudkan untuk memastikan agar tidak ada masyarakat yang melakukan aktifitas di tengah kerumuman atau keramaian, sebagai bentuk dukungan terhadap peningkatan physical distancing. Patroli dilakukan di beberapa titik keramaian, seperti, pelabuhan Waipirit dan pasar ikan.

Untuk kepolisian sendiri, lanjut dia, terus dilakukan giat program pencegahan wabah Covid-19 dengan cara menyiapkan berbagai fasilitas layanan peningkatan kesehatan. Fasilitas layanan yang disediakan seperti, tempat cuci tangan, tempat kontaminasi, hingga pengecekan suhu tubuh secara kontinyu baik untuk anggota kepolisian maupun masyarakat umum.

Pengawasan protokol kesehatan sendiri, kata dia, akan ditindaklanjuti oleh seluruh polsek yang ada di jajaran Polres SBB. Hal ini dimaksudkan agar kesadaran bersama untuk memakian masker, atau menghindari tempat-tempat keramaian semakin terbumingkan. Bila sudah ada kesadaran bersama untuk menggunakan masker, atau menjaga jarak, maka bukan mustahil, wilayah SBB akan bersih dari wabah Covid-19.

Terkait penegakkan hukum terhadap warga yang masih membandel karena tidak menggunakan protokol kesehatan, kata Kapolres, pihaknya masih sebatas peningkatan pengawasan. Sebab, untuk penegakan hukum, harus disesuaikan dengan peraturan daerah atau minimal peraturan Bupati SBB. Selama belum ada peraturan Bupati SBB terkait penegakkan hukum protokol kesehatan di SBB, maka kepolisian hanya mengikuti aturan umum yang diterapkan langsung dari pusat. (*)


======================
--------------------

Berita Populer

To Top