ADVETORIAL

Program BKPM Maluku Diapresiasi Kepala Lapas Dan Rutan Kelas II Ambon

SENTUHAN pelayanan kesehatan berupa penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan terhadap warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) dan Rumah Tahanan Negara (RUTAN) Kelas II Ambon oleh Balai Kesehatan Paru Masyarakat (BKPM) Provinsi Maluku mendapat apresiasi positif. 

Bagaimana tidak, Program penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan dianggap sangat membantu. Sebab, di LAPAS dan RUTAN sendiri masih kekurangan tenaga dokter.

Melalui kegiatan itu para  warga binaan,  selain diberikan pemahaman tentang pencegahan,  penanggulangan dan pengobatan penyakit menular TBC maupun penyakit menular lain mereka juga diperiksakan kesehatannya oleh tim medis BKPM Maluku. 

Di Lapas Ambon kegiatan tersebut dihadiri langsung Kepala Lapas Kelas II Ambon. Begitupun di Rutan Kelas II juga dihadiri langsung Kepala Rutan Kelas II Ambon.

Penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan terhadap warga binaan Lapas dan Rutan itu berlangsung dihari yang berbeda. Di Lapas Ambon kegiatan dilangsungkan pada tanggal 20 Maret. Sementara di Rutan Kelas II Ambon pada tanggal 21 Maret.

Plt Kepala BKPM Maluku dr. Samsila Mona Rumata mengatakan, program pelayanan kesehatan yang digulirkan BKPM Maluku mendapatkan dukungan dan respon positif dari kedua pimpinan lembaga itu.”Ini merupakan kegiatan rutin tahunan. Tujuannya,  selain meningkatkan pemahaman terhadap warga binaan tentang pentingnya mengenali penyakit menular TB Paru dan penyakit menular lain juga melalui kesempatan itu warga binaan langsung diperiksakan kesehatannya,” ujar dr. Samsila Mona Rumata.

Dia mengakui, kehadiran tim BKPM dikedua instansi itu  disambut antusias.

“Kehadiran kami disana disampaikan Kepala Lapas dan Kepala Rutan Kelas II Ambon sangat memberikan dampak positif terhadap pelayanan kesehatan meskipun program ini dilaksanakan sekali dalam setahun,”akui dr. Mona Rumata.

Dirinya berharap,  hubungan kerjasama BKPM Maluku dan kedua lembaga itu kedepan lebih intens lagi sehingga sentuhan-sentuhan pelayanan dapat direalisasikan secara maksimal.

“BKPM membuka diri untuk mendukung kerjasama dalam memberikan pelayanan kesehatan,” harapnya.

Ditambahkan, meski dari sisi kuantitas pelayanan sangat minim lantaran program tersebut hanya satu kali dilaksanakan dalam setahun namun upaya memberikan pelayanan kesehatan berkualitas menjadi komitmen BKPM Maluku.

“Program ini tidak saja menyasar warga binaan di Lapas dan Rutan Ambon, kegiatan serupa juga dilaksanakan di SMK/SMU se Kota Ambon, Panti Asuhan, Panti Jompo serta Lapas Perempuan Kelas II Ambon dan Lapas Anak,” tutup dr. Samsila Mona Rumata. (CIK)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top