AMBONESIA

PT Pelni Ambon Pastikan Arus Balik Mudik Lancar

RakyatMaluku.com – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Ambon memastikan pelayanan penumpang pasca arus balik Lebaran idul Fitri 2018 di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon akan berjalan baik. Hal ini disampaikan Kepala Operasi PT Pelni Ambon, Djasman kepada Rakyat Maluku di ruang kerjanya, Senin (18/6/2018).

Kata dia, untuk mewujudkan pelayanan yang baik pada arus balik lebaran ini, pihaknya masih tetap menyiapkan sebanyak sebelas kapal yang dipakai saat arus mudik lebaran kemarin. Dimana dari sebelas armada kapal pelni itu, tiga diantaranya yang didefiasikan masuk ke Ambon, yakni kapal Tatamailau, Gunung Dempo dan juga kapal Ciremai. “Tiga kapal tersebut yang tidak biasanya masuk di Ambon. Namun telah didefiasikan masuk ke Ambon untuk membantu khusus untuk angkutan lebaran dan arus balik,” ujar Djasman.

Biasanya, ada delapan kapal yang beroperasi di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, yakni Dorolonda, Tidar, Ngapulu, Dobonsolo, Sirimau, Louser, Sangiang dan Pangrango. Namun kali ini pelni Ambon mendapat tiga tambahan kapal tersebut sehingga ada sebelas kapal yang beroperasi dari sejak mudik hingga arus balik lebaran. Khusus untuk arus balik sendiri, kapal Tatamailau pada tanggal 22-23 ini akan melakan perjalanan dengan rute dari Tual-Ambon, Ambon-Banda. Untuk Gunung Dempo itu pada tanggal 19 ini akan melayani penumpang Ambon ke Sorong.

Kemudian kapal Ciremai pada tanggal 22 dan tanggal 28 ini akan melayani penumpang arus balik di beberapa wilayah lainnya. “Saat ini kita sementara melakukan pelayanan kepada penumpang arus balik lebaran di beberapa daerah, yakni jalur Papua, Banda dan juga ke daerah Buru dan Namrole,” kata dia.

Dikatakan, pelayanan untuk arus balik ini tentu akan berjalan sebagaimana biasanya. Sebab, arus mudik ini berjalan dari tahun ke tahun, sehingga untuk arus balik nanti, tentu dari tahun-tahun sebelumnya itu menjadi evaluasi bagi PT Pelni Ambon untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh penumpang.

Untuk mengatasi kekurangan armada kapal, dengan adanya pembatasan SIT dari pihak Perhubungan, maka dilakukan rekayasa trayek pada mudik dan arus balik lebaran agar semuanya bisa berjalan lancer. “Kita berharap, layanan arus balik ini bisa berjalan normal tanpa ada hambatan. Dan bagi para penumpang bisa sampai dengan selamat di tempat tujuan, baik yang naik maupun turun di Ambon,” harapnya. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top