NEWS UPDATE

PTUN Menangkan PKPI

KOMISIONER KPU Viryan mene­gas­kan hingga saat ini KPU belum me­nentukan sikap terkait hasil putusan Pengadilan Tata Usaha Ne­gara (PTUN) atas Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). PTUN sebelumnya memutuskan me­­nerima gugatan PKPI terkait pu­­tusan KPU.

Namun prinsipnya, Viryan me­nga­takan, akan menindaklanjuti ha­sil putusan PTUN secepatnya sete­lah melakukan rapat pleno dengan ko­misioner KPU lainnya hari ini.

“Pasti ditindaklanjuti segera, ditindaklanjuti seperti apa, masih (rapat) pleno. Dibahas dulu di pleno,” ucap Viryan, di Gedung KPU Pusat, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu 11 April 2018.

Viryan pun masih enggan membeberkan kemana arah KPU mengenai hasil gugatan PTUN tersebut. Dalam hal ini, KPU dapat menerima putusan PTUN dan melanjutkannya ke pengambilan nomor urut PKPI, ataukah menolaknya dengan mengajukan banding.

“Kan belum. Tunggu pleno dulu, Nanti, kan belum selesai, sedang diplenokan, kecuali kalau sudah bisa kita sampaikan putusan KPU apa, ini kan masih berlanjut (rapat plenonya),” ujarnya.

Rencananya, hasil putusan rapat pleno itu akan disampaikan sore nanti. “Hari ini insya Allah ada putusan. Kita akan tindaklanjuti secepatnya ya setelah pleno. Pasti akan diputuskan sikap kami sore ini,” katanya.

Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) me­mutuskan menerima gugatan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan meminta KPU untuk mencabut Surat Keputusan KPU RI Nomor 58/PL.01.1-Kpt/03/KPU/II/2018 tentang Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Tahun 2019.

Dalam SK tersebut ditetapkan PKPI tidak memenuhi syarat sebagai peserta pemilu Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota Tahun 2019. (RM)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top