NEWS UPDATE

Puluhan Wartawan Di Ambon Ikuti Pelatihan Vokasi Kewirausahaan

RakyatMaluku.com – PULUHAN wartawan lokal di Kota Ambon baik tv, cetak dan online, mengikuti Pelatihan Vokasi Kewirausahaan, yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat dan PWI Maluku bekerjasama dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, yang berlangsung di Mandiri University Ambon, Jalan R.A.Kartini, No 14, Karpan, Kota Ambon, Selasa, 8 Mei 2018.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Maluku Zeth Sahuburua yang diwakili Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Maluku Marice Lupulalan, dalam sambutanya mengatakan, pekerja pers adalah pekerjaan mulia. Walau gaji para pekerja pers di daerah rata-rata dibawah UMR, namun pekerjaannya harus dihargai dan dilindungi. Sebab, peran pers sangat penting dalam penyebaran informasi, dan membantu pemerintah dalam pembangunan di daerahnya.

“Pemerintah sadar betul bahwa masih banyak pekerja pers di daerah yang gajinya dibawah UMR, sehingga melalui pelatihan ini, wartawan diharapakan dapat belajar, memahami, serta mampu membuka usaha atau bisnis sampingan guna mencukupi kebutuhan hidup sehari-seharinya,” singkat Marice, sambil membuka acara Pelatihan Vokasi Kewirausahaan Bagi Wartawan, yang ditandai dengan pemukulan tifa, didampingi Ketua PWI Maluku Izaac M. Tulalessy, Branch Operasional Manager PT Bank Mandiri Ambon Pattimura Gerda Litsia, dan Ketua Umum Asosiasi Laundry Indonesia (ASLI) Apik Primadya.

Dikesempatan yang sama, Ketua PWI Maluku Izaac M. Tulalessy, mengatakan, pelatihan tersebut merupakan kerjasama Bank Mandiri bersama PWI Pusat dan PWI Provinsi Maluku. “Program pelatihan ini memang diprogramkan PWI Pusat bersama PWI di setiap provinsi di Indonesian dengan menggandeng sejumlah BUMN. PWI Provinsi Maluku kebagian kegiatan Pelatihan Vokasi Kewirausahaan Bagi Wartawan,” katanya.

Di era saat ini, kata Tulalessy, tugas sebagai seorang wartawan terasa lebih berat karena selain dituntut untuk menjadi wartawan yang professional dan kuat mempertahankan idealisme, wartawan juga diperhadapkan pada persoalan kesejahteraan hidup yang juga harus dipenuhi untuk diri dan keluarganya.

Fakta wartawan yang masih digaji dibawah standar di berbagai daerah, tentu bisa saja mengakibatkan wartawan menjadi tidak lagi professional dan goyah terhadap idealism, yakni menyuarakan kebenaran kepada masyarakat dan pada akhirnya wartawan akan menjual idealismenya kepada kelompok kapitalis dengan tujuan untuk mendapatkan sejumlah uang dan harta benda.

“Maka untuk mengantisipasi keadaan ter­sebut, PWI menginisiasi kegiatan Pelatihan Vokasi Kewirausahaan Bagi Wartawan. Tujuan dari pelatihan ini adalah wartawan menjadi lebih kreatif, inovatif, dan tertantang dalam membangun usaha, sehingga wartawan semakin sejahtera, idealis, tidak mudah dimanfaatkan dan profesional dalam bekerja,” tegasnya.

Dijelaskan, cakupan materi pelatihan meliputi menumbuhkan Jiwa UKM yang didalamnya meliputi mengenal kreatifititas, cara pribadi yang inovatif, memahami prinsip-prinsip kreatifitas, memanfaatkan kreatifitas untuk menciptakan peluang usaha serta memanfaatkan kemajuan era teknologi untuk menciptakan peluang usaha.

“Selain itu ada juga sesi belajar berpikir kreatif dari pengusaha yang bergerak di bidang kreatiftas dan inovasi di bidang yang digeluti oleh pengusaha tersebut, serta menggali potensi yang dimiliki daerah yang nantinya digunakan sebagai objek di dalam menentukan kreatifitas dan inovasi yag dihasilkan,” jelas Tulalessy.

“Sebenarnya pelatihan ini juga menjadi salah satu rangkaian kegiatan pelantikan Pengurus PWI Provinsi Maluku masa bhakti 2018-2023 yang sesuai jadwal awal dilantik pada 7 Mei 2018, namun kemudian ditunda hingga 14 Mei 2018,” tambahnya.

Branch Operasional Manager PT. Bank Mandiri Ambon Pattimura Gerda Litsia, dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada PWI yang telah memberikan keperca­yaan kepada Bank Mandiri untuk dapat memfasilitasi acara Pelatihan Vokasi Kewira­usahaan Bagi Wartawan.

“Bapak dan lbu hadirin yang kami hormati, Bank Mandiri memiliki semangat dan slogan yaitu, Semangat Memakmurkan Negeri. Semangat ini selaras dengan acara Pelatihan Vokasi Kewi­rausahawan Bagi Wartawan, sehingga kami meng­harapakan dapat mewujudkan cita-cita me­makmurkan negeri ini melalui sinergi BUMN ini,” ucapnya.

Ia mengatakan, di Bank Mandiri terdapat fasilitas Kredit Modal Usaha, diantaranya Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kredit Usaha Mikro (KUM), dan Kredit Serbaguna Mikro (KSM). Bank Mandiri, kata Litsia, sangat mendukung acara pelatihan vokasi kewirausahawan untuk mendapatkan informasi lengkap dari Bank Mandiri. Selanjutnya, Manajer Micro Banking Cluster Bank Mandiri, I Kadek Dewa Indrawan, akan memaparkan materi fasilitas modal usaha.

“Bank Mandiri juga mendukung para wirau­sahawan dengan mengadakan Wirausaha Muda Mandiri (WMM) yang merupakan acara tahunan dari Bank Mandiri, dimana para Wirausahawan dapat melakukan belasan dalam kegiatan ini dan selanjutnya akan diseleksi untuk tampil pada acara Nasional,” ungkap Litsia.

Ditambahkannya, Bank Mandiri sebagai bank terbesar yang menciptakan produk dan layanan yang inovatif dapat memberikan layanan dan kebutuhan layanan perbankan.

“Tentunya dengan manfaat yang begitu besar, kami ingin bapak ibu wirausahawan dari wartawan dapat juga memanfaatkan Bank Mandiri sebagai pemberi modal usaha untuk mendukung perkembangan usahanya. Semoga semua yang sudah kami lakukan bersama ini dapat membawa hasil yang lebih berharga,” tutupnya. (RIO)

 

======================
--------------------

Berita Populer

To Top