LINTAS DAERAH

Putra Kelahiran Ambon Ditunjuk Presiden Jadi Kapolri

RAKYATMALUKU.COM – JAKARTA, – Teka teki pergantian Kapolri Jendral Idham Azis akhirnya terjawab. Dari lima calon Kapolri yang diserahkan Komisi Kepolisian Nasional kepada Presiden RI Joko Widodo, akhirnya Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo dipercayakan sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Pol ldham Azis.


Listyo Sigit Prabowo merupakan pria kelahiran Ambon, Maluku, 5 Mei 1969.

Dikutip dari Fajar.com, Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo saat ini menjabat sebagai Kabareskrim Mabes Polrii yang namanya bakal diajukan Presiden Jokowi ke Komisi lll DPR, Senin, 11 Januari 2021 hari ini, untuk diproses mengikuti Fit And Propper Test atau uji kelayakan.

Penunjukkan Listyo Sigit sebagai Kapolri, memang sudah diprediksi sebelumnya, karena kedekatan (chemistry) antara Listyo dengan Presiden Jokowi.

Salah satu prestasinya yang paling menonjol terakhir adalah, Listyo Sigit dipercayakan sebagai Kabareskrim akhir Tahun 2019, dan berhasil membongkar kasus penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan. Di mana, kerja keras dan serius Listyo bersama pasukannya mampu menangkap buronan kelas kakap Joko S Chandra di Malaysia, dan mengangkat prestasinya di jagad Indonesia, bahkan di mata dunia.

Sesuai rencana, penetapan Kapolri baru akan diumumkan pada pekan ini.

Komjen. Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting. Di antaranya, pernah menjadi Ajudan Presiden RI Joko Widodo. Setelah itu, dia diangkat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Banten, Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan terakhir sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri.

Listyo merupakan lulusan Akademi Kepolisian Tahun 1991. Listyo pernah beberapa kali menduduki jabatan di daerah Jawa Tengah. Tercatat, Listyo pernah menjadi Kapolres Pati. Setelah itu, dia menduduki posisi Wakapoltabes Semarang, dan pernah menjadi Kapolres Solo. Pada tahun 2012, Listyo dipindahtugaskan ke Jakarta untuk menjabat sebagai Asubdit II Dit Tipdum Bareskrim Polri. Sejak bulan Mei 2013, dirinya bertugas di Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara.

Pengangkatannya sebagai Kapolda Banten yang baru ditolak oleh MUI Banten, karena dia beragama Kristen, namun pada akhirnya, Listyo meminta dukungan terhadap kalangan ulama dalam rangka menciptakan kondusifitas.
Berikut, deretan jabatan yang dipegang;
– Kepala Bagian Pengendalian Personel Biro Personel Polda Metro Jaya
– Kepala Kepolisian Resor Pati (2009)
– Kepala Kepolisian Resor Sukoharjo (2010)
– Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Semarang
– Kepala Kepolisian Resor Kota Surakarta (2011)
– Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri (2012)
– Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara (2013)
– Ajudan Presiden RI (2014)
– Kepala Kepolisian Daerah Banten (2016)
– Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri (2018)
– Kepala Badan Reserse Kriminal Polri (2019) (dikutip dari id.wikipedia.org)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top