AMBONESIA

Raih WTP, DPRD Harap Pemkot Ambon Tingkatkan Kinerja

RakyatMaluku.com – OPINI Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diterima oleh pemerintah kota Ambon dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK)merupakan target yang diinginkan. Namun, dengan diraihnya opini tersebut diharapkan biusa meningkatkan kinerja pemerintah kota Ambon.

Wakil ketua DPRD kota Ambon Rustam Latupono berharap opini WTP yang diraih pemerintah kota Ambon bias menjadikan kinerja pemerintah kota semakin meningkat dalam sisi pengelolaan keuangan daerah. “Dari WTP itu kan ada bonus yang diberikan pemerintah pusat sebesar kurang lebih Rp.25 miliar untuk pembangunan daerah.Jadi semoga saja ini dapat dipertahankan seterusnya,” ujar Rustam kepada Rakyat Maluku, Selasa 24 Juli 2018.

DPRD dalam fungsi pengawasan selalu memberikan dorongan agar pemerintah kota bias memperoleh predikat WTP. DPRD juga pernah mendorong hingga terbentuknya kantor pengelolaan asset daerah dengan asumsi agar bias mengelola asset daerah. Sebab, sebelumnya Ambon tidak bias meraih WTP itu lantaran pengelolaan asset yang tidak berjalan secara maksimal.

“Raihan WTP ini juga tidak terlepas dari kerja keras DPRD dalam fungsi pengawasannya. Karena asset-aset yang membebani pemerintah kota tidak mendapatkan opini WTP, sehingga DPRD melakukan paripurna untukpemutihan terhadap asset-aset yang membebani pemerintah kota tersebut,” kata dia.

DPRD melalui komisi-komisi yang ada akan terus mengawasi realisasi serta penggunaan anggaran daripada masing-masing Organisasi Perangkat daerah (OPD) yang bermitra dengan Komisi mulai dari triwulan sat hingga triwulan dua akan dilihat secara jeli.

“Jadi pengelolaan keuangan kota sudah sampai pada tingkat seperti ini karena asetnya telah dikelola dengan baik. Jadi saya kira ini predikat yang diharapkan kita selama ini dan tidak terlepas dari campur tangan DPRD dalam fungsi pengawasan,” ujar dia. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top