NEWS UPDATE

RakyatMaluku.com Terpilih Sebagai Anggota AMSI

MEDIA online RakyatMaluku.com akhirnya mendapat kepercayaan untuk bergabung bersama Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI). RakyatMaluku.com termasuk satu di antara beberapa media online di Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara yang ikut dipercaya menjadi anggota dalam sebuah wadah organisasi cyber ternama di Tanah Air.

RakyatMaluku.com boleh dikata masih tergolong muda di dunia portal berita. Kami memang memiliki beberapa tenaga muda di Rakyatmaluku.com yang selama ini juga diback-up di media edisi cetak Grup Harian Rakyat Maluku yang berkantor pusat di Ambon. 

Bila Anda jumpai mengapa media online RakyatMaluku.com begitu cepat melaporkan sebuah peristiwa di lapangan ya semua itu tak lepas karena semangat anak muda ini. 

“Mereka ini punya militansi yang tinggi. Setiap peristiwa mereka langsung bergerak ke lapangan. Dari sana mereka langsung melaporkan sebuah peristiwa,” ujar Wapimred Rakyat Maluku, Rudy Muhrim.

Sebagai ujung tombak di lapangan, ada Anwar “Anang” Angkotasan, Mohamad Hasan “Mohas” Amir,  Hery Purwanto, dan Sam Usman Hatuina. Di bagian layouter dan desain grafis ada Rizki Dino “Iki” Majid. Mereka ini diback-up oleh Rudi Muhrim sebagai pelaksana operasi.

Dengan bergabungnya RakyatMaluku.com sebagai anggota AMSI ikut memperkuat posisi tawar sebagai salah satu media terpercaya di Maluku.

 “Kita berharap RakyatMaluku.com bisa menjadi wahana baru untuk menambah referensi bacaan. Tidak saja untuk memperkaya khazanah pengetahuan, tentu. Tapi juga menjadi wahana untuk membaca beragam peristiwa di tanah Maluku maupun di Tanah Air,” ujarnya.

Kedepan, RakyatMaluku.com juga bisa menjadi sarana komunikasi bisnis yang efektif untuk ikut bersama-sama mendorong tumbuhnya iklim usaha di daerah ini. 

Kedepan RakyatMaluku.com tentu bisa menjadi garda terdepan bagi pelaku usaha yang ingin membuka jaringan bisnisnya dengan kanal RakyatMaluku.com ini.

“Melalui industri media berbasis online inilah kami berharap para pelaku usaha di Ambon dan Maluku bisa sama-sama ikut berkontribusi membangun dan membesarkan usahanya melalui RakyatNaluku.com,” ujar Rudy Muhrim.

Menanggapi bergabungnya RakyatMaluku.com dengan AMSI , Ketua AMSI Maluku, Hamdi Jempot, menyambut baik.

Menurutnya AMSI adalah wadah berhimpun media perusahan pers media digital, dibentuk untuk melindungi karya-karya jurnalis media anggota AMSI serta lebih mendorong berkembangnya usaha media digital. 

Selain  itu juga tentu mendorong karya jurnalis yang sesuai kode etik jurnalis. 

“Syarat keanggotaan anggota AMSI adalah media online berbadan hukum, ini sesuai dengan aturan dewan pers yang menyebutkan media yang menjalankan usahan pers  harus berbadan hukum PT atau yayasan,” ujar Hamdi.

Selain itu, kata Hamdi, anggota amsi juga harus menjalankan karya jurnalis secara kontinyu.

“Dan kami AMSIB Maluku melihat RakyatMaluku.com secara kontinyu menjalankan karya-karya jurnalistik dan melaksanakan  fungsi kontrol serta berkontribusi untuk pembangunan di Maluku dalam pemberitaan,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, Hamdi juga mendorong media digital lainnya agar menjalankan usaha sesuai ketentuan dewan pers.

Hal ini semata-mata agar usaha-usaha media digital  berjalan dengan baik dan  hasil karya media online terlindungi serta tidak menimbulkan masalah.

“Saat ini dewan pers terus melakukan verifikasi media anggota AMSI di daerah-daerah, agar AMSI menjadi konstituen dewan pers.  AMSI juga mendorong usaha-usaha media digital secara profesional agar bisa berkembang,” tandas Hamdi.  (RM)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top