Uncategorized

Ramadhan, Mengedepankan Rasa Kepedulian

Hj. Retty Assagaff

– Dari Buka Puasa Bersama Majelis Taklim se-Kota Ambon

RakyatMaluku.com – BADAN Kontak Majelis Taklim (BKMT) dan Al Hidayah, Kamis 7 Juni 2018!di gedung Islamic Center menggelar acara bu­ka puasa bersama dengan Pe­ngurus Majelis Taklim se-Kota Ambon.

Ketua Dewan Pembina BKMT dan Al Hidayah Provinsi Maluku, Hj. Retty Assagaff me­nga­takan, buka puasa yang di­gelar bersama dengan para ibu Majelis Taklim, hendaknya dimaknai sebagai kegiatan yang bernilai ibadah, bukan kegiatan yang hanya bersifat serimonial semata.

“Adanya kegiatan seperti ini diharapkan mam­pu membentuk sisi kehidupan yang lebih baik, terutama di dalam menjalankan tugas dan tang­gungjawab sebagai seorang ibu di dalam membina keluarga, sesuai tema kita pada acara ini ‘Mempererat Silaturahim dalam rangka Pembinaan Kualitas Kehidupan Keluarga untuk Mencapai Derajat Takwa yang Hakiki’,” ungkap Retty.

Dia katakan, BKMT dan Al Hidayah akan selalu berupaya agar kegiatan pembinaan kepada para ibu seperti ini harus terus ditingkatkan, bukan hanya pada momentum bulan Ramadhan, akan tetapi kapan dan dimana saja dapat melaksanakan kegiatan pembinaan seperti ini.

“Saya yakin dan percaya, berkat doa dan dukungan ibu-ibu sekalian, ke depan kegiatan-kegiatan seperti ini akan terus kita lanjutkan,” ujarnya.

Lebih jauh Retty katakan, pada hakekatnya berpuasa di bulan Ramadhan tidak sekadar menahan lapar dan dahaga, sejak terbitnya fajar sampai dengan terbenam matahari, tetapi lebih dari itu, ada hal-hal mendasar dan sangat hakiki yang terkandung dalam bulan suci Ramadhan, antara lain kepedulian dan kepekaan terhadap sesama manusia.

“Artinya bahwa Ramadhan mengajak kita untuk mengedepankan rasa kepedulian dan tang­gungjawab sosial, terhadap nasib dan penderitaan yang dialami oleh sebagian orang yang kurang beruntung, termasuk anak-anak yatim, para orang tua yang sudah lanjut usia, para janda dan sebagainya,” imbuhnya seraya menambahkan, melalui bulan suci Ramadhan, diharapkan dapat melahirkan sebuah kehidupan yang sempurna, baik secara horizontal antara sesama manusia, maupun secara vertikal antara manusia dengan Sang Pencipta, Tuhan Yang Maha Kuasa. (YAS)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top