AMBONESIA

Ratusan Personel Polda Maluku Bantu Warga

RakyatMaluku.com – SEJAK Kamis, 28 hingga Jumat, 29 siang kemarin, diguyur hujan. Hujan dengan intensitas tinggi membuat banjir dan longsor di sejumlah kawasan di Kota Ambon. Kondisi ini membuat Polda Maluku menerjunkan ratusan personelnya guna membantu warga terkena bencana alam tersebut. Tim siaga bencana dari Polda Maluku,menurunkan Satuan Brimob dan Direktorat Sabhara Polda Maluku, mereka dibantu personil Polres Pulau Ambon dan Pp Lease.

Kapolda Maluku Andap Budi Revianto,melalui Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Muhammad Roem Ohirat menjelaskan, polisi selalu siap untuk membantu masyarakat yang terkena musibah bencana alam di Kota Ambon, dengan cara mengevakuasi warga terkena banjir dan tanah longsor.

“Personil Brimobda dan Dit Sabhara Polda Maluku, bersama personil Polres Ambon diturunkan membantu masyarakat yang terkena musibah bencana alam seperti tanah longsor di perumahan BTN Kanawa, Kebun Cengkeh, Galunggung, Desa Batumerah, longsor di ruas jalan Kayu Tiga, Karpan, banjir Ahuru, Kecamatan Sirimau, banjir di Waiheru, Kecamatan Baguala, serta banjir di ruas jalan Bandara Pattimura,Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon,”ungkap Ohoirat kepada wartawan, kemarin.

Ia mengatakan, selain membantu masyarakat terkena banjir dan longsor, prajurit Polda Maluku bersama personel Polres Ambon juga membantu warga membersihkan jalan-jalan dari pohon-pohong tumbang, seperti terjadi di kusu-kusus, Kecamatan Nusaniwe, dan depan Universitas Pattimura Ambon.

“Untuk membantu masyarakat yang terkena musibah banjir di daerah Ahuru,Kecamatan Sirimau,Kota Ambon, Irwasda Polda Maluku,Kombes Pol Purwolelono, telah memerintahkan kepada Karo Ops Polda Maluku Kombes Pol Gatot Mangkurat, untuk mengeluarkan dana rekon aman nusa II, untuk menyiapkan posko tenda serta dapur lapangan,” ungkapnya.

Untuk menghindari adanya korban jiwa dengan anomalisasi cuaca ekstrim yang melanda Kota Ambon, Kapolda Maluku mengimbau untuk pengguna jalan agar lebih berhati-hati saat melintas dikawasan jalan yang tedapat pohon besar,sehingga tidak menjadi korban pohon tumbang.

“Antisipasi cuaca yang terjadi, Polda Maluku telah menyiagakan personil yang akan diturunkan membantu masyarakat apabila terjadi bencana alam. Diharapkan kerja sama dari masyarakat apabila ada benca alam,segera disampaikan ke Kepolisian terdekat,sehingga bisa segara di bantu oleh tim siaga bencana Polda Maluku. Masyarakat juga dihimbau untuk berhati-hati dibeberapa ruas jalan di Kota Ambon yang tergenang air,” pungkasnya. (AAN)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top