AMBONESIA

Rekapan Suara Kota Ambon ‘Super Kilat’

RakyatMaluku.com – REKAPITULASI  hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) Provinsi Maluku di Kota Ambon oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) berjalan singkat. Bahkan, rekapan suara di KPU Kota Ambon hanya berlangsung kurang lebih tiga jam, yang sedianya sesuai jadwal harus dilakukan selama tiga hari.

Pasalnya, sampai masuk tahapan rekapitulasi, tidak ada laporan atau protes yang menghambat jalannya proses rekapan suara di Kota Ambon, hingga sidang pleno, yang digelar pada Rabu, 4 Juli 2018, kemarin.

Komisioner Bidang Teknis KPU Ambon, Halil Tianotak, menjelaskan, rekap suara di KPU Kota Ambon dihadiri oleh saksi dari tiga pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur Maluku serta Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) dari lima kecamatan di Kota Ambon yakni PPK Kecamatan Sirimau, Nusaniwe, Leitimur Srlatam, Baguala dan kecamatan Teluk Ambon.

Proses perhitungan suara itu berlangsung aman tanpa ada keberatan terhadap proses rekapitulasi dan hasil pemungutan suara dari tingkat PPS, PPK hingga KPU Kota.

“Sesuai tahapan, rekap itu berjalan selama tiga hari terhitung sejak hari ini, Rabu (4/7). Kita bisa selesaikan dalam kurun waktu kurang lebih tiga jam. Ini berjalan singkat karena tidak ada komplain terhadap hasil rekap di tingkat PPS, PPK hingga KPU Kota,” kata dia.

Sesuai dengan dokument yang diperoleh KPU Kota Ambon dan yang telah disetujui, hanya ditemukan ada ketidak konsistenan dalam penulisan angka daftar pemilih tetap (DPT). Yang mana, berdasarkan keputusan KPU itu harusnya berjumlah 207.053, namun yang ditulis oleh kecamatan itu tidak menyentuh pada angka tersebut.

Sehingga, sesuai pasal 35 ayat (4) memberikan kewenangan kepara KPU untuk melakukan pembetulan terhadap angka-angka tersebut sesuai berita acara penetapan DPT yang telah dilakukan oleh KPU. “Setelah kita melakukan pembahasan terhadap hasil rekapitulasi tingkat PPK, maka tingkatan itu dilakukan untuk penyesuaian terhadap jumlah DPT tersebut.”

Perolehan suara sebagaimana dibacakan untuk tingkat KPU Kota Ambon, yang menggunakan hak pilih itu sebanyak 141.380, dengan suara sah 140.280, dimana pasangan nomor urut 1 (SANTUN) memperoleh 41.249 suara, pasangan nomor 2 (BAILEO) peroleh suara sebanyak 46.139 suara dan pasangan nomor 3 (HEBAT) peroleh 52.892 suara.
(R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top