Uncategorized

Ruddy: DPT Samasuru Harus Dikembalikan Ke Malteng

RakyatMaluku.com – KENDATI  sudah ada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada tanggal 2 Februari 2010 lalu terkait masalah tapal batas antara Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dengan Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) namun hingga kini kasus ini masih menjadi polemik. Pasalnya, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Negeri Samasuru, kecamatan teluk Elpaputih Maluku Tengah (Malteng) masih diklaim masuk dalam DPT kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), lantaran polemik tapal batas kedua kabupaten itu masih ada.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malteng, Ruddy Lailosa, mengatakan, DPT negeri Samasuru yang masih diklaim oleh pemkab SBB sebagai bagian dari kabupaten tersebut harus segera dikembalikan ke pemkab Malteng. Kata Rudy, terhadap DPT Samasuru, itu harus dilihat kedudukan hukumnya. karena Indonesia adalah Negara hukum, maka semua harus tunduk dan patuh terhadap apapun yang menjadi putusan hukum atas sebuah perkara. Darena itu, maka kalau terkait dengan DPT itu tentu harus bicara soal putusan MK terkait tapal batas.

Jadi kalau putusan MK terkait itu memenangkan kabupaten Malteng, kemudian di permendagri itu SBB, maka harus kita kembalikan ke asas hukum.

“Kalau kita bicara asa hukum, maka putusan MK itu harga mati. Seharusnya putusan mendagri terkait tapal batas itu harus merujuk pada putusan MK. Karena keputusan tertinggi di negara ini adalah keputusan MK. itu berarti bahwa DPT yang ada di samasuru itu harus segera diselesaikan dan dikembalikan ke Malteng,” ujar Rudy.

Kata dia, bukan berbicara menyangkut perkara politik. Tapi pihaknya lebih melihat pada hak konstitusional warga negara yang telah diputuskan secara hukum dan berkekuatan tetap oleh MK. Akan ada penuntutan disitu, kalau ada hak konstitusional dari warga itu tidak dapat disalurkan dalam pesta rakyat dalam hal ini Pilkada maupun Pemilu.

“Saya tidak ingin bicara soal tapal batas, karena putusan MK itu sudah jelas, karena saya yakin kita semua sadar hukum,” kata dia. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top