AMBONESIA

Rustam: Target Pembangunan Untuk Kesejahteraan, Bukan Penghargaan

Rustam Latupono

RakyatMaluku.com – BERBAGAI penghargaan yang diterima oleh pemerintah kota Ambon atas indicator-indikator penilaian dari pemerintah pusat itu bukan merupakan hal yang paling penting untuk kota Ambon. Tapi yang terpenting adalah bagaimana mensejahterakan masyarakat Kota Ambon.

Hal ini disampaikan Wakil ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono, terhadap penghargaan Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award (YOWITA) tahun 2018 yang diterima oleh pemerintah Kota Ambon dari kementerian pariwisata pada 20 Juli 2018 lalu.

Menurut Rustam, target penyelenggaraan pemerintahan itu bukan untuk memperoleh berapa banyak penghargaan yang diraih pemerintah Kota Ambon. Namun yang sebenarnya adalah lebih kepada bagaimana mensejahterakan masyarakat dalam segala aspek atau bidang kerja yang ada di pemerintah kota itu sendiri.

“Jadi, saya kira kalau ada bonus penghargaan itu tidak terlalu penting. Yang penting itu adalah apakah kebutuhan dasar masyarakat itu sudah dicover oleh pemerintah kota Ambo apa belum?,” kata dia.

Sebab, keberhasilan pemerintah itu tidak diukur dalam jangka waktu setahun, tepi selama periode pemerintahan itu berjalan sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menegah Darah (RPJMD) yang disusun pemerintah kota yang didalamnya termuat visi dan misi Walikota dan wakil walikota 5 tahunan.

“Terserah orang mau menilai apa, sepanjang kepentingan rakyat belum tercapai, penghargaan yang diterima pemerintah kota itu tidak wah bagi saya. Seperti kemarin penghargaan yang diterima pemerintah kota Ambon, padahal yang kita lihat ini kan biasa-biasa saja. Seharusnya ada peningkatan-peningkatan pariwisata, minimal terhadap fasilitas pariwisata di Ambon,” kata dia. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top