NEWS UPDATE

Sambuaga: Teknologi Bisa Harus Dimanfaatkan

Eddy Sambuaga

CALON Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) daerah pemilihan Maluku nomor urut 26, Eddy Sambuaga menilai kemajuan teknologi yang pesat saat ini mestinya bisa dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi rakyat di Maluku.

Menurut dia, perkembangan teknologi ini semakin hari semakin pesat karena mengikuti kurva eksponensial. Hal Ini dapat menjadi peluang sekaligus ancaman bagi masyarakat.

”Peluang untuk dapat mengangkat harkat masyarakat menjadi lebih sejahtera, namun juga dapat menjadi ancaman kepada sebagian kalangan masyarakat yang tertinggal gerbong perkembangan pesat teknologi itu sendiri,” tandasnya kepada RakyatMaluku.com kemarin.

Nah, lanjut dia, untuk menyikapi hal ini, maka ada tiga  hal prinsip yang perlu diperhatikan.

”Yang pertama adalah kita harus  memperkuat SDM agar melek teknologi sehingga tidak hanya menjadi penonton/konsumen namun juga berpartisipasi aktif/sebagai produsen,” paparnya.

Yang kedua, lanjut dia, kemajuan teknologi ini harus dibarengi dengan legislasi yang tepat. Hal itu bertujuan menyeimbangkan antara manfaat dan proteksi terhadap golongan masyarakat yang masih lemah, dengan kebebasan untuk berinovasi dan berkreasi.

”Yang ketiga, investasi-investasi dalam bidang teknologi terapan yang langsung berefek kepada masyarakat harus terus digalakan, dengan tetap memperhatikan kearifan lokal, adat istiadat dan norma-norma yang berlaku di masyarakat,” tambahnya.

Jadi lanjut dia, kearifan lokal dan adat istiadat serta norma yang selama ini berlaku di masyarakat Maluku harus tetap menjadi acuan dalam pemanfaatan teknologi itu sendiri.

”Kita jangan tertinggal dengan daerah lain soal pemanfaatan teknologi. Kita punya banyak potensi kearifan lokal yang tidak dimiliki daerah lain. Misalnya, ikan asar Galala, Tenun Ikat di Tanimbar, sopi yang sedang diwacanakan untuk diperdakan juga berbagai potensi lain. Semua ini bisa dikembangkan menjadi usaha produk kreatif dengan memanfaatkan teknologi yang sudah tersedia,” bebernya.

Karena itu, Sambuaga juga berharap ada sinkronisasi antara pemerintah baik eksekutif maupun legislatif untuk mendorong pemanfaatan teknologi demi kepentingan ekonomi masyarakat ini.

Ia berjanji, jika dipercayakan menjadi perwakilan daerah Maluku maka proses legislasi terkait hal ini akan didorongnya.

”Ya, ini penting. Saya akan lakukan itu demi kepentingan Rakyat Maluku,” tambahnya. (ADV)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top