NEWS UPDATE

SANTUN Siap Debat

Said Assagaff-Anderias Ren­tanubun (SANTUN)

Rakyatmaluku.comKOMISI Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku pekan depan akan menyelenggarakan debat kandidat calon gubenur-wakil gubernur Ma­luku sebagai salah satu tahapan Pilkada 2018.

Agenda yang disediakan oleh pen­­ye­lenggara pemilu itu akan mem­­berikan ruang bagi para kon­testan untuk memaparkan seca­ra komprehensif, strategi apa saja yang akan dilakukan oleh para calon gu­­bernur dan wakil guber­nur itu berkaitan dengan program pem­ba­ngunan lima tahun kedepan, dan acara ini juga akan di siarkan langsung oleh stasiun TVRI Nasional.

Menanggapi rencana tersebut, Juru Bicara (Jubir) Pasangan Calon Gu­bernur dan Wakil Gubernur Ma­luku, Said Assagaff-Anderias Ren­tanubun (SANTUN), Fuad Bachmid, mengatakan SANTUN yang pa­ling siap menghadapi agenda ter­se­but bahkan agenda itu sangat dinantikan jauh hari sebelumnya.

“Sebab pasangan SANTUN menginginkan adanya ‘jual beli’ gagasan dalam forum debat sehingga publik bisa menilai sejauh mana pemahaman dan penguasaan para pasangan calon atas visi misi yang dimiliki kaitannya dengan pembangunan Maluku kedepan,” kata Fuad.

Menurutnya, dengan program debat tersebut, tentunya menjadi barometer untuk mengukur kua­litas kepemimpinan dan tidak terkesan hanya sebagai ajang untuk saling menyerang personal kontestan semata, melainkan kemampuan dalam menerjemahkan program yang relevan dengan kepentingan masyarakat Maluku kedepan.

“Dengan program debat tersebut, tentunya menjadi barometer untuk mengukur kualitas kepe­mimpinan dan tidak terkesan hanya sebagai ajang untuk saling menyerang personal para kon­tes­tan semata, melainkan kemampuan dalam me­nerjemahkan program yang relevan dengan kepen­tingan masyarakat Maluku kedepan,”terangnya.

Pasangan SANTUN, lanjut dia, tidak dalam posisi melakukan langkah teknis soal persiapan konsep dalam mengahadapi agenda tersebut, sebab sudah semenjak awal SANTUN yang paling menguasai seluruh visi misi yang dimiliki pasangan ini karena selain berpengalaman, pasangan SANTUN juga dianggap sangat intens dalam mengkampanyekan program programnya ke masyarakat.

“Pasangan SANTUN jauh hari sudah menyiapkan apa yang diinginkan publik mengenai program pembangunan lima tahun kedepan. Melanjutkan apa yang sudah dilakukan,” tuturnya.

Pasangan SANTUN juga dianggap sebagai kontes­tan yang dari semenjak pendaftaran kemarin sangat mendorong kelompok kelompok pro demokrasi untuk membuka forum dialog dan debat untuk meng­hadirkan para kontestan untuk memaparkan gagasan gagasannya soal agenda pembangunan.

“Maluku terbukti hanya Pasangan SANTUN dalam hal ini Calon Gubernurnya yang selalu menghadiri setiap acara acara tersebut, sebaliknya pasangan Calon Gu­bernur dari kontestan lain tidak pernah hadir dengan berbagai alasan, ini pertanda bahwa Pasangan SANTUN baik secara Personal maupun secara paket kontestan sangat berkeinginan kuat agar momentum debat itu hadir untuk melihat kemampuan para Calon Pemimpin dalam menyampaikan gagasan gagasannya,” tandasnya.

Baginya, SANTUN sangat respect atas agenda KPU Maluku termasuk kehadiran para kontestan pada acara itu nanti, sehingga tidak terkesan hanya mengandalkan tim semata untuk mencitrakan diri di publik, sebaliknya yang dihadirkan adalah para paslon secara langsung sehingga disitu publik bisa menilai kemampuan mereka sendiri untuk berbicara soal visi misinya. (ASI)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top