NEWS UPDATE

Sekda Buru Diperiksa Lagi

RakyatMaluku.com – PENYIDIK Ditreskrimsus Polda Ma­luku marathon memeriksa Sekda Ka­bupaten Buru, Ahmad Assegaf dalam kasus dugaan korupsi SPPD fiktif dan uang makan minum tahun 2015-2017.

Ahmad Assegaf kembali di cecar selama enam jam oleh tim penyidik Ditreskrimsus Polda Maluku, Rabu 9 Mei 2018. Ia dicecar sejak pukul 09.00 WIT hingga pukul 13.00 wit dan dilanjutkan pukul 14.00 WIT hing­ga pukul 16.00 WIT.
Selama pemeriksaan enam jam itu, Ahmad Assegaf di cecar dengan be­lasan pertanyan oleh penyidik Kompol Louren Werluka di ruang kerjanya.

Dengan mengenakan kemeja putih Ahmad Asegaff tampak tegar dan santai menjalani pemeriksaan yang sudah berlangsung beberapa kali terhadap dirinya ini. Setelah diperiksa, sekitar pukul 16.05 wit, Sekda Buru Ahmad Assegaf tam­pak keluar dan berjalan menuju mobil Avanza Silver milik­nya DE 1446 AH yang berada di halaman parkir kantor Ditreskrimsus Polda Maluku. Selama pemeriksaan berlangsung, Sekda didampingi oleh tim kuasa hukumnya Muhamad Taib Narhangan.

Kepada wartawan Sekda Buru Ahmad Assegaf mengakui ia menghormati proses hukum yang sedang berjalan dan siap diperiksa kapanpun saat dibutuhkan.

“Saya siap. Kita hargai proses hukum dan ikuti setiap proses ini,”!ujarnya singkat.

Sementara itu, Muhamad Taib Narhangan selaku pe­nasehat hukum juga menyampaikan sangat meng­hor­mati proses hukum yang sedang berjalan sehingga se­tiap pemanggilan kliennya tetap hadir dan koperatif.

“Kami sangat menghargai proses yang sedang berjalan dan klien kami koperatif. Baik Pak Sekda dan juga Pak La Joni juga koperatif. Ini kan tujuannya juga dala rangka tata tertib administrasi pemerintahan. Pemerintah bersinergi dengan kepolisian. Dan ini tidak ada intimidatif. Sangat prosedurlah yang sudah dilakukan. Saya sangat setuju untuk polisi bermitra dengan pemda dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang bersih untuk kesejahteraan rakyat,” ungkapnya. Selain sekda, tim tipikor juga memeriksa bendah­ara rutin Sekre­tariat Kabupaten Buru, La Joni Ali. Ia diperiksa oleh penyidik Yosep Latuheru dari pukul 09.00 WIT hingga pukul 19.00 WIT dan dicecar pulihan pertanyaan juga.

Terkait pemeriksaan ini, Wadireskrimsus Polda Maluku AKBP Harold Wilson Huwae menjelaskan, pemeriksaan ini sudah dilakukan dan sementara untuk sekda ini akan dilihat lagi.

“Sementara sudah selesai pemeriksaan. Setelah ini kita akan lakukan anev dengan tim penyidik dulu baru kita tentukan langkah selanjutnya,” kata Huwae.

Disinggung soal indikasi oknum yang terlibat dan calon tersangka, Huwae belum mau berkomentar me­nunggu hasil evaluasi oleh tim penyidik barulah menentukan sikap terkait penanganan kasus ini. (AAN)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top