Uncategorized

Siap Amankan Pilkada, Polres SBB Gelar Simulasi Sispamkota

RakyatMaluku.com – DALAM rangka mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada tanggal 27 Juni 2018 nanti yang berlangsung serentak Polres SBB menggelar simulasi Sispamkota, Senin (14/5/2018).

Dalam kegiatan simulasi sispamkota tersebut, diperagakan penanganan kepolisian terhadap aksi massa yang tidak puas dengan pelaksanaan Pilkada.

Simulasi dilaksanakan di Jalan Tugu INA AMA depan KPU Seram Bagian Barat, Kecamatan Seram Barat, yang dihadiri dan disaksikan oleh Bupati BB Drs.H.M.Yasin Payapo M.Pd, Wakapolres SBB Kompol. Bachtiar Hehanussa, S.Sos, Kakesbanpol SBB Drs.Shaban Patty, Ketua KPU SBB Drs. Ahmad Silehu, Kadis Perhubungan SBB Adjais, SH, Pabung SBB Mayor lnf D.Mado, Kabak Ops Polres SBB Kompol Udin Taher, Danramil 1502 – 07/Piru Kpt lnf Ato Laturake, Danki Satgas Yon Raider 515/UTY Kapten lnf.lrwan Purwanto, Kasat Lantas Polres SBB AKP M.Ollong, Kapolsek Piru Iptu Wim Bahi, Kasat Sabara AKP J.Defrettes, Danki Brimob Kompi B Sub Den piru lptu Supriadi, dan Seluruh perwira dan staf lingkup Polres SBB serta tamu undangan lainya.

Rangkaian peragaan yang dilakukan oleh personel Polres Seram Bagian Barat, dengan melibatkan satu SST Koramil 1502 – 07/Piru, dua SST Brimob Kompi B Sub Den ll Piru, satu SST Sabhara Polres Piru, satu STT Dalmas Polres SBB, satu SST Polwan Polres SBB, satu 1 SST Bulsi dari Polres SBB, satu Regu Satpol.PP Kab. SBB, dan Tim Kesehatan Puskesmas Piru. Dalam simulasi tersebut terlihat beberapa kerawanan-kerawanan yang mungkin akan terjadi di TPS atau pada KPU selama pelaksanaan Tahapan Pilkada.

Wakapolres SBB Kompol Bachtiar Hehanussa, S.Sos, mengatakan, simulasi bertujuan untuk melatih anggota dalam menghadapi kemungkinan kericuhan pada Pilkada serentak 2018 di Kabupaten Seram Bagian Barat.

“Penyelengaraan kegiatan Sispamkota ini mewaspadai jika hal-hal tidak diinginkan terjadi, kita sudah siap menghadapi dan mengamankan gejolak yang terjadi di lapangan nantinya, apalagi kita sementara diperhadapkan beberapa hari ini dengan aksi Teror di Jakarta dan Surabaya. Kita hadir di kabupaten ini dalam rangka mengamankan masyarakat, kita hadir di kabupaten untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat.” ungkapnya Wakapolres menambahkan, simulasi dilakukan untuk menyiapkan cara bertindak dalam menghadapi ancaman aksi massa saat Pilkada serentak 2018 di Kabupaten Seram Bagian Barat dalam menciptakan pilkada damai.

“Meski kami tidak menghendaki apa yang terjadi saat disimulasikan, tapi setidaknya itu sebagai antisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi pada saat Pilkada Serentak nantinya,”kKatanya.

Adapun manives yang di gunakan untuk untuk simulasi ini adalah tiga unit Randinas R2 dari Koramil 1502 – 07/Piru, tujuh unit Randinas R2 PRC dari Polres SBB, satu unit Rantis Wather Canon Polres SBB, satu unit Ambulance Polres SBB, dua unit Randinas Mobil PatKawal Polres SBB, dan satu unit Randinas Mobil Patkawal Satpol PP Kab.SBB. (JOE)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top