NEWS UPDATE

Siswa Australia Akan Kunjungi SD Inpres 42 Amahusu

RakyatMaluku.com – DIPASTIKAN 8 Agustus mendatang, siswa Jingili Primary School, salah satu sekolah setingkat sekolah dasar di Darwin, Australia akan mengunjungi SD Inpres 42 Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Kunjungan tersebut merupakan rangkaian dari persiapan kerjasama sekolah bersaudara (sister school) antara Jingili Primary School, Darwin-Australia dengan SD Inpres 42 Amahusu.

Hal itu diungkapkan Ketua Ambon Sailing Com­munity (ASC) Nicho Tulalessy yang merupakan penggagas program kerjasama ini dalam rilisnya kepada wartawan, Rabu (1/8).

Tulalessy mengatakan, untuk memantapkan program kerjasama tersebut, dirinya sudah berte­mu dengan Jingili Primary School Carin Symonds di Darwin, pertengahan Juli 2018 lalu. “Saat pertemuan tersebut, pihak Jingili Primary School sangat tertarik untuk bekerjasam sebagai sekolah bersaudara dengan SD Inpres 42 Amahusu,” katanya.

Bahkan, sebagai bukti keseriusan tersebut, Jingili Primary School memastikan mengirimkan tiga siswa­nya untuk mengunjungi SD Inpres 42 Amahusu pada 8 Agustus mendatang.

Dijelaskan, pihaknya memilih SD Inpres 42 Amahusu karena program ini sebenarnya merupakan pengembangan dari event lomba layar Spice Islands Darwin-Ambon Yacht Race.

“Para peserta lomba layar Spice Islands Darwin-Ambon Yacht Race yang selama ini menjalin kemitraan dengan ASC berharap mereka tidak sekedar ikut lomba. Namun juga membawa manfaat bagi warga khususnya di Desa Amahusu yang merupakan lokasi finish lomba dimaksud. Akhirnya ide mewujudkan sekolah bersaudara antara salah satu sekolah di Desa Amahusu dan Darwin pun mulai digulirkan. Intinya program ini bertujuan sebagai pemacu untuk meningkatkan minat dan kemampuan bahasa Inggris siswa sekolah dasar di Ambon,” jelasnya.

Ide ASC ini, menurut Tulalessy, kemudian didukung oleh para peserta yang biasa mengikuti lomba lomba layar Spice Islands Darwin-Ambon Yacht Race serta semakin dikoordinasikan juga dengan Pemerintah Kota Ambon maupun Darwin.

“Konsul Indonesia di Darwin Dicky Soerjanatamihardja dan Sekretaris Konsul Jherry Matahelumual juga turut berperan serta mendukungan program ini dengan memfasilitasi pertemuan antara ASC dengan Debra Liddiard (Director Education Partnerships Northern Begitu Government). Program ini juga mendapat dukungan penuh dari Walikota Ambon Richard Louhenapessy,” ungkapnya. (RM)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top