NEWS UPDATE

Soedeson Tandra Akan Segera Buka Lapangan Kerja Di Ambon

ADVOKAT muda asal Kepulauan Tanimbar yang berkiprah di Jakarta, Soedeson Tandra SH bertekad akan membuka lapangan pekerjaan di Ambon dalam waktu dekat ini dalam rangka meminimalisasi pengangguran serta meninngkatkan ketahanan ekonomi masyarakat di kota bertajuk manise ini.

”Usaha mikro harus kita galakan di  tengah-tengah masyarakat di Kota Ambon karena ini menjangkau kalangan masyarakat menengah ke bawah. Usaha mikro ini jika dikembangkan dengan baik maka ketahanan ekonomi masyarakat itu semakin hari akan semakin baik,” katanya kepada Rakyat Maluku, beberapa waktu lalu di Ambon.

Ketua Himpunan Kurator dan Pengurus Indonesia (HKPI) ini menambahkan, usaha mikro juga selain dapat mengatasi pengangguran, dapat pula mengatasi penyakit sosial masyarakat yang lain.

Hanya saja, menurut dia, selama ini ada kelemahan dalam pengembangan usaha mikro yaitu managemen dan budaya.

”Kalau kita benar-benar mengatasi dua kelemahan ini, maka usaha mikro itu bisa berkembang luar biasa. Yang paling penting adalah para pelaku usaha mikro itu diberikan pelajaran untuk bagaimana mengelolah uang yang dihasilkan,” pungkasnya.

Misalnya, kata Caleg DPR RI dari Partai Hanura ini, kalau ada pemasukan maka 10 persennya langsung ditabung, sekian persen untuk operasional dan sekian persen lagi untuk modal dan sebagainya. 

“Managemen seperti inilah yang harus dilatih, sehingga seperti kata orang bahwa penghasilan seribu tapi pengeluaran seribu seratus dan akhirnya makin hari hutang semakin besar itu tidak terjadi,” tambahnya.

Yang kedua, kata Tandra pula, soal budaya, dimana selama ini masyarakat di daerah ini sudah dininabobokan, karen aitu budaya kerja keras, budaya kepercayaan, budaya untuk menghargai usaha, mendapatkan uang dari hal-hal yang halal harus lebih ditingkatkan. 

“Selain itu pula, kita harus bangun motifasi dan kepercayaan pribadi, dia harus percaya bahwa dengan berusaha keras dan sungguh-sungguh maka pasti berhasil. Hal-hal inilah yang harus ditanamkan,” pungkasnya pula.

Terkait dengan hal ini, Tandra mengatakan, akan ada sepuluh unit usaha yang bakal dibangunnya di Ambon dalam rangka memotufasi peningkatan usaha mikro.

”Dalam waktu dekat ini, 10 unit usaha akan dibangun di Kota Ambon. Ini bakal memberikan kesempatan kerja bagi para pencari kerja. Tak peduli dia lulusan SMA atau tidak, mereka itu akan dilatih dengan baik agar menjadi pekerja yang profesional,” janji  dia.

Soal apa jenis usaha yang akan dibangunnya di Ambon, Tandra katakan bahwa tunggu dan lihat saja nanti.

”Ya, bisa juga usaha Coffee Shop, karena saya lihat budaya ngopi ini di Ambon cukup bagus. Coffee Shop akhirnya bisa menjadi tempat berinteraksi antara semua kalangan dan ini sangat bagus karena keberagaman bisa menyatu dan menjadi tempat dialog demi kepentingan bersama,” sebut dia. 

Tandra juga mengharapkan ada campur tangan pemerintah untuk ikut mengambil bagian dalam melatih masyarakat soal managemen keuangan, managemen usaha serta motifasi, contoh dan pelatihan supaya budaya masyarakat bisa dirubah.

”Peran pemerintah juga penting sehingga ketika orang mau berinfestasi tidak lagi harus mengeluarkan dana lebih untuk memberikan pelatihan-pelatihan terkait hal-hal yang saya sampaikan tadi,” demikian Soedeson Tandra. (NAM/ADV)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top