AMBONESIA

Spot Kerusakan Jalan Kece Dilelang

RakyatMaluku.com – DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon secara resmi telah mengusulan perbaikan kerusakan sejumlah titik pada ruas jalan Kebun Cengkeh hingga Tanjakan 2000, yang mengalami kerusakan. Bahkan, untuk titik jalan di depan Bengkel Latansa dan Tanjakan 2000, telah mengalami kerusakan parah, yang membutuhkan penanganan darurat alias emergensi.

Sayangnya, perbaikan tersebut tidak dapat dilakukan lewat jalur kebijakan khusus, namun, harus melewati prosedur yang berlaku. Saat ini, rencana perbaikan kerusajakan jalan tersebut sudah masuk tahap lelang atau tender proyek. Kalau tidak, pembangunannya tidak dapat berjalan.

Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Yusuf Wally mengatakan, perbaikan jalan Kebun Cengke menuju kawasan IAIN telah diusulkan ke Pemerintah Kota, dan telah disetujui untuk diperbaiki. Sampai kini belum dibangun, karena membutuhkan waktu proses pelelangan pada Dinas (PUPR) Kota Ambon, selaku OPD yang bertugas menanganinya.

“Kita menginginkan agar perbaikan jalan tersebut mendahului proses, hanya saja dari dinas PUPR masih menunggu pelelangan. Memang anggarannya telah siap untuk dilakukan perbaikan jalan sepanjang 1 km yang nantinya dilakukan dalam bentuk spot-spot,” ujar Yusuf.

Jadi, kata Yusuf, bukan dilakukan tambal. Tapi dalam bentuk perbaikan per spot. Artinya, di mana lokasi-lokasi yang telah didata pada saat Komisi I bersama dengan Dinas PUPR melakukan peninjauan lapangan beberapa waktu lalu. Dan lokasi kerusakan itulah yang ditujukan untuk dilakukan perbaikan, terutama pada titik-titik yang mengalami kerusakan parah. Titik-titik kerusakan parah itu antara lain, tikungan Kebun Cengke, Tanjakan Kanawa, tanjakan Pengadilan Agama di Wara dan beberapa lainnya.

Titik itu yang akan diperbaiki sepanjang 200 m yang dijumlahkan hingga mencapai 1 km. Sementara sisanya itu akan dimasukkan dalam dana alokasi khusus tahun 2019. “Harapan kita saat melakukan kunjungan lapangan 3 bulan yang lalu, perbaikan jalan itu bisa didahului agar sebelum Lebaran Idul Fitri itu semuanya sudah selesai.

Apalagi musim hujan beberapa hari lalu itu malah membuat kerusakan jalan itu semakin parah. Tapi, semuanya harus melalui proses. Saat ini, masih menunggu proses lelang di Dinas PUPR.” Kata politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, komisi berharap, sebelum Idul Fitri, jalan tersebut sudah dilakukan perbaikan, agar masyarakat disepanjang kawasan tersebut bisa menggunakannya secara baik tanpa ada hambatan. Karena itu juga trlah dibicarakan bersama dinas PUPR Kota Ambon. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top