NEWS UPDATE

Suku Mausu Ane Banjir Bantuan

RakyatMaluku.com – KRISIS pangan melanda Suku Mausu Ane, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Kabu­paten Maluku Tengah, sehingga mengakibatkan empat warga meninggal dunia, menjadi perhatian serius semua pihak. Tidak saja instansi pemerintah, tapi pihak militer pun ikut merasakannya.

Khusus buat TNI, mereka terus membantu menyalurkan bantuan kepada masyarakat Komunitas Adat Terpencil (KAT). Kodam XVI/Pattimura bahkan beberapa kali menyalurkan sembako kepada warga Mausu Ane. Dan kali ini Mabes Polri. Bantuan kemanusiaan dari Mabes TNI, tiba di Bandar Udara Pattimura Ambon, Sabtu, 29 Juli sekitar pukul 17.50 WIT. Mengunakan Pesawat Hercules A1312 yang bertolak dari Bandar Udara Halim Perdana Kusuma, bantuan dibawa oleh tim Satgas Mabes TNI pimpinan Dansatgas (Paban V/Bhakti Ster TNI) Kolonel Inf Farid Makruf.

Kedatangan tim Satgas Mabes TNI, disambut Danlantamal IX/Ambon Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang, dan Danrem 151/Binaiya Kolonel Inf Christian Tehuteru.

Kolonel Inf Farid Makruf mengatakan, kehadiran Satgas merupakan perintah Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, di mana Panglima ingin memastikan semua bantuan terpenuhi.

“Kami datang atas Perintah Panglima TNI untuk melaksanakan operasi perkuatan bantuan ke­­ma­nusiaan yang telah dilakukan oleh Kodam XVI/Pattimura dengan membawa bantuandan memastikan stok makanan dan obat-obatan sudah terpenuhi sehingga saudara kita yang ada di wilayah tersebut dalam keadanaan aman dan sehat,” tutur Dansatgas melalui rilis yang dikirim Penerangan Kodam (Pendam) kepada Rakyat Maluku, Minggu, 29 Juli.

Bantuan disalurkan TNI, merupakan bentuk kepedulian terhadap rakyat kecil. Bantuan juga sebagai bentuk sinergitas TNI dengan pemerintah.

“Tugas TNI, lanjut Farid Makruh, hanya mem­bantu dan memperkuat pemerintah daerah,” ucap Dansatgas.
Kata dia lagi, bantuan ini mendapatkan dukungan dari tiga matra TNI; Angkatan Darat, Laut dan Udara. Dan disalurkan lewat jalur darat ke lokasi camp penampungan di Dusun Siahari, Desa Morokay, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, menggunakan 6 kendaraan truk dengan rute lintas Waipirit-Masohi.

Selain itu, Minggu, 29 sebagian dibawa meng­gunakan Heli Bell 412 BKO Kodam XVI/Pattimura dari Lanud Pattimura Ambon.

“Bantuan kemanusiaan yang diberikan berupa beberapa set tenda serba guna, peralatan dapur lapangan, alat makan, bahan makanan, selimut , obat-obatan, pakaian layak pakai, air mineral, terpal, mainan anak dan alat tulis,” ungkapnya. (AAN)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
--------------------

Berita Populer

To Top