KESEHATAN

Tak Hanya Wangi, Lavender Simpan Manfaat Untuk Atasi Masalah Kulit

DI balik rupanya yang cantik dan aromanya yang menenangkan, bunga lavender menyimpan manfaat untuk manusia. Seperti yang telah diketahui, ekstrak bunga lavender sering terkandung dalam lotion, gel, dan sabun. Tapi, ternyata jika diolah menjadi minyak, bunga lavender bisa jadi obat untuk kulit.

minyak lavender bisa mengatasi sejumlah persoalan kulit. Namun, sebelum menggunakan minyak lavender, ada baiknya lakukan tes dulu terhadap kulit. Sebab, beberapa kasus minyak lavender justru menyebabkan iritasi.

1. Obati Eksim
Eksim menyebabkan kondisi kulit yang tidak nyaman. Gejalanya seperti kulit gatal. Minyak lavender dapat membantu meredakan gatal. Ini juga meredakan area kulit yang teriritasi karena meningkatkan kelembapan dan meningkatkan proses penyembuhan.

Jika mengalami eksim, Anda dapat mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan pakar kesehatan terlebih dahulu. Kemudian masukkan minyak ekstrak lavender untuk mengurangi gejala eksim.

2. Sembuhkan Luka Bakar
Sifat anti-inflamasi dan antiseptik minyak lavender efektif dalam menyembuhkan luka bakar. Minyak lavender dapat mencegah infeksi, melawan gangguan jamur dan bakteri, serta merangsang proses penyembuhan. Selain itu, minyak lavender juga bisa berfungsi sebagai pereda nyeri.

Untuk menggunakan minyak lavender pada luka bakar, Anda hanya perlu oleskan minyak lavender ke area kulit yang terbakar setelah mengompres luka dengan air dingin selama 10 menit. Ketika minyak lavender dicampur dengan minyak esensial lainnya seperti kayu manis, tea tree, dan cengkeh dengan rasio 1:1, juga bagus untuk mengobati infeksi bakteri dan jamur.

3. Mengobati Jerawat
Minyak ini mengandung sifat antiseptik dan anti-radang, sehingga dapat melawan bakteri penyebab jerawat tanpa menyumbat pori-pori kulit. Selain itu, minyak esensial ini dapat melindungi kulit dari iritasi, stres, serta menyeimbangkan kadar hormon. Anda hanya perlu mengoleskan beberapa minyak lavender pada bekas jerawat menggunakan jari atau kapas.

4. Meredakan Sunburns
Oleskan minyak lavender encer ke permukaan kulit dapat membantu mengurangi pembengkakan dan pembakaran. Ketika kulit terkena sengatan matahari, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membilas kulit yang terbakar dengan air dingin. Kemudian, campurkan minyak kelapa dengan minyak lavender.

5. Detoksifikasi Kulit
Kulit bisa terkena banyak racun lingkungan serta polutan lainnya. Sehingga tidak mengherankan bahwa kesehatan kulit mulai memiliki tanda-tanda penuaan dini dan penampilan kasar. Menurut sebuah penelitian, minyak lavender dikenal sebagai salah satu minyak esensial yang dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri kulit.

6. Sebagai Toner
Minyak lavender dapat membuat kulit lebih kencang karena meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan sel-sel kulit dengan oksigen dan nutrisi. Ini juga akan membuat sel-sel kulit sehat dan mempercepat proses pembaruan.

(ce1/fid/JPC)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top