NEWS UPDATE

Tangis Ribuan Warga Sambut Kedatangan Jenazah Istri Wakil Walikota Ambon

Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler dan putranya Muhammad Auliya Syarif, memikul peti jenazah almarhumah Iffa Karlina Syarif, wanita yang dicintai keduanya.

SETELAH meninggal di Amsterdam Belanda pada 10 Juni 2019 lalu, jenazah istri Wakil Walikota Ambon Almarhumah Iffah Karlina Syarif  tiba di Bandara Pattimura Ambon,  Kamis 13 Juni 2019,  pukul 15.00 WIT,L.

Saat tiba di Bandara Pattimura Ambon, jenazah almarhumah kemudian diantar langsung ke kediaman pribadi di kawasan Galunggung Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Jenazah Almarhumah Iffah Karlina Syarif tiba di kediaman pribadi pada pukul 16.30 WIT.

Kedatangan jenazah istri wakil walikota Ambon itu disambut isak tangis ribuan warga kota Ambon yang telah menanti di rumah duka.

Sebelum di makamkan, Pemerintah Kota Ambon melakukan upacara yang dirangkai dengan pembacaan riwayat hidup Almarhumah Wakil Ketua PKK Kota Ambon sekaligus penghormatan terakhir dan penyerahan jenazah kepada pihak keluarga yang dipimpin langsung oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy.

“Almarhumah sangat berjasa bagi warga Kota Ambon melalui kerja sosial yang dilakukannya. Beliau setia mendampingi suaminya, baik susah maupun senang. Kita telah kehilangan perempuan hebat, Warga Ambon berduka,” kata Richard, dalam sambutannya saat  upacara penghormatan terakhir terhadap almarhumah.

Menurutnya, Almarhumah merupakan sosok sederhana dan rendah hati. Almarhumah juga terkenal di semua kalangan sangat baik. Almarhumah sosok wanita hebat yang selalu setia mendampingi suaminya maupun ikut menjalankan misi sosial sehingga kepergiannya merupakan duka bagi warga Ambon. 

Usai memberikan  sambutan penghormatan terakhir, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, kemudian menyerahkan jenazah Almarhumah ke pihak keluarga. Selanjutnya dilakukan sholat jenazah untuk kemudian dikebumikan di tempat pemakaman umum (TPU) kawasan kebun cengkeh, Kota Ambon. 

Dalam riwayat hidup yang dibacakan dalam upacara tersebut, Almarhumah Iffah Syarif sempat selama masa hidupnya meniti karir pada PT Taspen Ambon tahun 1989-1995. Sedangkan riwayat organisasi, almarhumah menjabat sebagai wakil ketua tim penggerak PKK Kota Ambon saat suaminya Syarif Hadler menjabat Wakil Walikota Ambon masa bakti 2001-2006. 

Pada tahun 2004 – 2016, beliau dipercayakan sebagai ketua WPP Kota Ambon dan ketua Majelis Ta’lim Maratussalihah pada kurun waktu yang sama. Pada tahun 2011 – 2016, almarhumah juga dipercayakan sebagai Bendahara DPC PPP Kota Ambon. 

Dan pada 2017 sampai sekarang kembali menjabat wakil ketua penggerak PKK dan juga ketua Lasqi Kota Ambon setelah sang suami Syarif Hadler dalam karir politiknya terpilih sebagai Wakil Walikota Ambon dalam masa bakti 2017 – 2022. Almarhumah juga dipercayakan sebagai bendahara Himpunan Keluarga Maluku Utara.

Sebelum wafat, almarhumah jatuh sakit dan dirawat di rumah sakit Medical Centre Amsterdam pada 8 Juni 2019 hingga kemudian menghembuskan nafas terakhir pada 10 Juni 2019 pukul 15.20 Waktu Amsterdam.

Almarhumah wafat pada usia 55 Tahun. Pada usia tersebut, almarhumah meninggalkan suami tercinta Syarif Hadler dan tiga orang anak yakni Radiah Syafira Syarif yang telah menikah dengan Muhammad Fauzi Burhan, sedangkan anak kedua adalah Muhammad Aulia Syarif serta yang anak bungsu  Farihin Fadilah Syarif. (SAH)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top