KOTA AMBON

Telkomsel Perluas Jaringan di Wilayah Cluster Kepulauan Tual

RAKYATMALUKU.COM – AMBON,- Telkomsel berencana membangun sebanyak 23.000 unit base transceiver station (BTS) 4G yang tersebar di seluruh Indonesia di sepanjang tahun 2020 sebagai komitmen untuk menjadi yang terdepan dan terluas dalam menghadirkan layanan komunikasi yang merata di tanah air.


Area Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan) kini mendapatkan porsi terbesar dalam pembangunan BTS di tahun ini, dan salah satunya merupakan pembangunan BTS di wilayah Cluster Kepulauan Tual sebagai bagian wilayah kerja Branch Ambon.

Wilayah Cluster Kepulauan Tual terdiri dari Kota Tual, Kabupaten Maluku Barat Daya, Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, dan Kabupaten Kepulauan Aru.

Manager Network Service Ambon I Wayan Widastra menjelaskan, Cluster Kepulauan Tual memiliki topologi berupa kepulauan, dengan sebaran penduduk yang terpisah antara satu pulau dengan lainnya. Hal ini membuat tantangan tersendiri untuk menghadirkan akses telekomunikasi berkualitas di wilayah kepulauan.

“Di tahun 2020 ini, kami merencanakan pembangunan new site sebanyak 22 titik lokasi baru, dan hingga awal Oktober ini sudah berhasil terealisasi sebanyak 10 unit site baru yang sudah on air dan tersebar di wilayah Cluster Kepulauan Tual,” jelas Wayan kepada rakyatmaluku.com Jumat, 9 Oktober 2020.

Sementara 10 site yang sudah on air tersebut kata Wayan, saat ini sudah di lengkapi dengan teknologi terdepan 4G LTE yang mampu menjangkau populasi sekira 11.600 orang. Rencana perluasan jaringan tersebut telah menjangkau Kecamatan Wermaktian dan Kecamatan Tanimbar Utara yang berada di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, serta perluasan bagian timur hingga utara Pulau.

Saat ini Telkomsel telah menghadirkan lebih dari 600 lokasi site dengan jumlah BTS sekira 2.100 unit untuk melayani masyarakat di wilayah Branch Ambon. Dengan meningkatnya cakupan layanan broadband, terutama di wilayah Cluster Kepulauan Tual, diharapkan dapat turut mendorong peningkatan perekonomian desa, percepatan pembangunan daerah, dan juga membantu para pelajar serta guru untuk dapat melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring di tengah pandemi saat ini.

“Walaupun dengan kondisi topografi yang menantang, Telkomsel berusaha untuk terus bergerak maju menghadirkan layanan telekomunikasi berkualitas di segala lapisan masyarakat guna memenuhi layanan telekomunikasi dan solusi digital.” pungkas Wayan.

Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun memberikan apresiasi kepada Telkomsel atas komitmennya untuk terus mengembangkan jaringan di wilayah Kabupaten Maluku Tenggara.

“Terima kasih banyak buat Telkomsel yang sudah menjawab kesulitan masyarakat atau kerinduan masyarakat selama ini, di daerah Maluku Tenggara tercinta. Alhamdulillah dan Puji Tuhan bahwa Telkomsel sudah hadir di wilayah-wilayah Kei Besar dan Kei Kecil sebagian. Itu hal yang luar biasa dan sangat dirindukan masyarakat Maluku Tenggara. Terima kasih Telkomsel.” tutup Thaher. (BIM)


======================
--------------------

Berita Populer

To Top