NEWS UPDATE

Terbukti Bersalah, KPU Ambon Dipidanakan

Komisioner KPU Kota Ambon . (IST)

GUGATAN sejumlah kader Golkar terhadap keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon mulai membuahkan hasil. Melalui Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Ambon, KPU dinyatakan bersalah terhadap pelanggaran administrasi Pemilu. 

Keputusan tersebut dituangkan dalam SK Bawaslu No : 01/ADM/BWSL.AMBON/PEMILU/VIII 2018

“Berdasarkan surat tersebut maka KPU Kota Ambon dinyatakan bersalah terhadap pelanggaran administrasi pemilu,” kata Joga Papilaya, kader Golkar selaku penggugat melalui pesan singkat ke Redaksi Rakyat Maluku, Kamis 17 Januari 2019.

Dia mengaku, bukan hanya Bawaslu, DKPP juga membuktikan kesalahan KPU Kota Ambon. 

KPU Kota Ambon dinilai telah melakukan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara pemilu oleh DKPP yang dituangkan dalam putusan Nomor 260/DKPP-VII/2018

“KPU Kota Ambon terbukti melakukan Pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Penyelenggara Pemilu oleh DKPP, yang dituangkan dalam Putusan Nomor 260/DKPP-PKE-VII/2018,”tulisnya.

Joga menilai berdasarkan kedua Putusan di atas, Integritas Komisioner KPU Kota Ambon secara kelembagaan sangat di ragukan,karna dengan sengaja dan lalai dalam melaksanakan tugas sebagai Lembaga Penyelenggara Pemilu.

“Atas dua putusan diatas, integritas KPU Kota Ambon sangat diragukan, karna dengan sengaja dan lalai dalam melaksanakan tugas sebagai Lembaga Penyelenggara Pemilu,”nilainya.

Bagi Joga, dalam kaitan dengan hal diatas dan dalam hubungannya dengan proses seleksi Anggota KPU Kota Ambon dan KPU Provinsi Maluku, maka tentunya sangat meragukan kredibilitas dan integritas  dan  para komisoner aktif KPU Kota Ambon yang sementara melakukan tes seleksi KPU Kota Ambon ataupun KPU Provinsi Maluku.

“Dalam kaitan dengan hal diatas dan dalam hubungannya dengan proses seleksi Anggota KPU Kota Ambon dan KPU Provinsi Maluku,saya secara pribadi tentunya sangat meragukan kredibilitas dan integritas  dan  para komisoner aktif KPU Kota Ambon yang sementara melakukan tes seleksi KPU Kota Ambon ataupun KPU Provinsi Maluku,” nilai Joga

Dia berharap, pelanggaran kode etik menjadi catatan bagi masyarakat Maluku dan Masyarakat Kota Ambon, lebih Kusus KPU PUSAT dan para Tim seleksi KPU kota maupun Provinsi untuk mempertimbangkan para komisoner KPU Kota Ambon di maksud untuk lolos atau memduduki jabatan KPU yang baru baik Kota maupun Provinsi.

“Tentunya saya berharap akan menjadi catatan bagi masyarakat Maluku dan Masyarakat Kota Ambon, lebih khusus KPU PUSAT dan para Tim seleksi KPU kota maupun Provinsi untuk mempertimbangkan para komisoner KPU Kota Ambon di maksud untuk lolos atau memduduki jabatan KPU yang baru baik Kota maupun Provinsi,”ucapnya

Atas putusan Bawaslu dan DKPP Joga akan mempidanakan KPU Kota Ambon dan DPD Golkar Kota Ambon.

“Secara Pribadi juga berdasarkan keputusan BAWASLU dan DKPP tersebut diatas saya dalam waktu dekat akan mempidanakan KPU Kota Ambon dan DPD II Golkar Kota Ambon (KETUA, SEKRETARIS, KETUA HARIAN)  karna telah dengan sengaja menghilangkan hak konstitusional saya sebagai warga negara,” tutupnya. (ASI)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top