NEWS UPDATE

Terlibat Narkoba, Seorang Wanita Muda Di Galunggung Ditangkap

Ilustrasi

DIREKTORAT Reserse Narkoba Polda Maluku menangkap tiga orang dalam kasus narkoba jenis sabu-sabu, yaitu Amrin Bin Umar (44) alias Mama Lemon, Anita Putri Andini (24) alias Anita dan M.Hairul Lampung (28) alias Hero, Rabu, 27 Maret.

Tiga pelaku narkoba ini ditangkap di dua tempat berbeda di Desa Batunerah, Kecamatan Sirimau. Amrin Bin Umar dan Anita diringkus di kos-kosan Galunggung, pukul 15.00 WIT, sedangkan Hairul di Ruko Batumerah, pukul 19.00 WIT. 

“Mama Lemon dan Anita ditangkap di Galunggung.  Di kos-kosan. Mereka ini diduga memiliki, menyimpan dan menguasai  narkotika golongan 1 sebagaimana di atur dalam UU RI nomor 35/2009 tentang Narkotika,” kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. Muhammad Roem Ohoirat kepada wartawan,  Kamis 28 Maret 2019.

Setelah diselidiki dan dikembangkan, barang yang berada di Mama Lemon dan Anita, itu diperoleh dari Hero Lampung. Di saat Hero ditangkap, ia berteriak sehingga masyarakat datang. Dan mengakibatkan terjadinya konsentrasi massa.

“Dari pengembangan itu anggota mengamankan Hero. Tapi dia melawan dengan berteriak.  Teriakan ini mengundang perhatian warga. Sehingga sekretaris desa menyuruh anggota untuk mengamankannya dalam kantor Desa menghindari kerumunan warga,” jelas Kabid Humas.

Lanjut Muhammad Roem, ketika hendak dibawa, datang keluarganya. Kedatangan kerabat Hero di Kantor Desa Batumerah,  semakin menambah panas situasi. Mereka  tak mau pelaku dibawa. 

Sempat terjadi ketegangan antara anggota Ditresnarkoba dengan pihak kerabat  tukang ojek ini. Tambah Ohoirat, ketegangan itu membuat 2 platon personel Polda Maluku maupun Polres Ambon, melakukan pengamanan sehingga pelaku bisa dibawa. 

“Pihak keluarga pelaku tidak mengizinkan untuk dibawa sehingga tertahan selama 4 jam.  Datang bantuan dari Ditektorat  Samapta Polda Maluku sebanyak 1 Peleton dan Satuan Sabhara Polres Ambon sebanyak 1 regu, akhirnya  pelaku dapat dibawa ke kantor Ditresnarkoba Polda Maluku di Mangga Dua, untuk proses hukum,” jelasnya. 

Untuk diketahui, Direktorat Reserse Narkoba Polda Maluku mengamankan tiga orang  warga Batumerah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Rabu, 27 Maret 2019. 

Informasi yang berhasil diperoleh, penangkapan berlangsung sekitar pukul 15.00 WIT di Galunggung dan  17:30 WIT di kawasan Ruko Batumerah. 

Dari penggrebekan di Ruko, keluarga Hero Lampung  melakukan perlawanan.

Pantaun Rakyat Maluku di Balai Desa Batumerah, terjadi konsentrasi massa. Aksi penghadangan yang dilakukan seorang ibu yang diketahui merupakan ibu kandung dari terduga sempat membuat polisi kerepotan. Negosiasi pun berlangsung alot. 

Akibat kesulitan, sejumlah personil tambahan dari Pasukan Reaksi Cepat (PRC) diterjunkan kelapangan untuk membackup proses penggiringan pelaku. Namun situasi kembali bertambah rumit lantaran ibu dari terduga pelaku terus menghadang.

Untuk menghindari kondisi yang tidak diinginkan, polisi langsung mengambil langkah tegas dan membawa secara paksa terduga pelaku untuk diproses lebih lanjut. (AAN/CIK)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top