LINTAS DAERAH

Thio, Usemahu dan Lohy Jadi Pjs?

Sekda: Tidak Benar, Kita Masih Tunggu

RAKYATMALUKU.COM – AMBON, – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian, dikabarkan telah memilih tiga dari sembilan nama pejabat eselon II lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku yang diusulkan Gubernur Maluku, Murad Ismail, untuk mengisi kekosongan jabatan bupati di tiga daerah yang menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020. Yakni, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Kabupaten Kepulauan Aru, dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).


Tiga pejabat eselon II yang terpilih itu diantaranya, Staf Ahli Gubernur Maluku Bidang Pemerintahan, Saleh Thio, ditetapkan sebagai Pejabat sementara (Pjs) Bupati SBT, Asisten III Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Maluku, Ismail Usemahu, sebagai Pjs Bupati Kepulauan Aru. Dan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Maluku Melky Lohy, sebagai Pjs Bupati MBD.

Informasi penunjukan tiga pejabat itu sebagai peniabat sementara itu sangat santer. Bahkan, ada yang menyebut SK-nya telah diterbitkan.
Sayangnya, informasi itu dibantah Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku Kasrul Selang.

Menurutnya, sampai saat ini belum ada informasi resmi tentang siapa tiga pejabat eselon II lingkup Pemprov Maluku yang dipilih Mendagri untuk mengisi kekosongan jabatan bupati di tiga daerah.

“Saya belum tahu, tidak benar itu. Masa kalian (wartawan) lebih tahu dari kita (pemerintah). Kita punya kepala Biro Pemerintahan sampai sekarang masih tunggu di Kemendagri di Jakarta. Dan dia belum telpon kita disini soal tiga nama Pjs bupati itu,” tepis Kasrul, di Kantor Gubernur Maluku, Kamis, 24 September 2020.

Ia menjelaskan, masing-masing perwakilan pemerintah daerah dari 127 kabupaten/kota sampai saat ini masih menunggu penetapan nama-nama Pjs bupati di Kemendagri. Sebab, pada 26 September 2020 nanti, seluruh Pjs bupati sudah harus dikukuhkan untuk menjalankan tugas baru di daerah yang akan melangsungkan Pilkada.

“Jadi, penetapan nama-nama Pjs bupati paling lambat akan diberitahukan pada Jumat besok (hari ini). Karena mereka akan dikukuhkan hari Sabtu. Dan hari Minggunya, semua berangkat di masing-masing kabupaten untuk menjalankan roda pemerintahan sebagai Pjs bupati,” jelas Kasrul. (RIO)


======================
--------------------

Berita Populer

To Top