AMBONESIA

Tiga Kapal Baru Siap Layari Laut Maluku

RakyatMaluku.com – TIGA unit kapal bantuan pemerintah pusat, dipastikan akan kembali menghias laut Provinsi Maluku. Tiga kapal penumpang tersebut resmi tiba di Kota Ambon, yang selanjutnya menunggu proses penyerahan untuk dioperasikan melayani pelayaran warga.

Ketua Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku, Anos Yermias, menegaskan tiga buah kapal yang baru masuk ini itu dipersiapkan untuk melayari sejumlah daerah yang ada di Maluku.

Anos Yermias

“Kami informasikan kepada seluruh warga masyarakat Maluku yang berpergian menggunakan kapal laut, bahwa telah tiba di Kota Ambon beberapa kapal baru yang bakal melayari Maluku dan melayani masyarakat,” kata Anos.

Kata Anos, kapal yang masuk itu kategori baru sebagai kapal pengganti beberapa kapal yang sebelumnya telah mengalami kerusakan dan sementara naik dock untuk diperbaiki.

Tiga kapal tersebut masing-masing, KM Sabuk Nusantara 106 yang didatangkan untuk menggantikan KM Maloli, KM Sabuk Nusantara 107 menggantikan KM Sabuk Nusantara 163 serta KM Sabuk Nusantara 87 menggantikan KM Sabuk Nusantara 43.

“Jadi masyarakat tidak perlu risau dengan kapal yang sementara tidak melayari akibat mengalami kerusakan. Sebab sudah ada kapal baru sebagai penggantinya,” kata dia.

Mengenai route kapal-kapal tersebut, Anos meminta masyarakat untuk menghubungi atau mengecek informasinya di PT. PELNI Cabang Ambon. Semua kapal pengganti itu kapal baru.

Sementara itu, Kepala Operasi PT Pelni Cabang Ambon, Djasman yang dikonfirmasi Rakyat Maluku mengakui hal tersebut sesuai SK yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Surat Keputusan nomor 106/4/22/DJPL/2018.

Kata dia, tiga kapal tersebut akan melayari perairan Maluku sejak Jumat, 27 Juli 2018 malam. Tiga kapal itu akan mengantikan rute kapal perintis sebelumnya yang akan dipindahkan ke sejumlah pelabuhan lain di Indonesia. “Sebenarnya kapal ini baru turun dari galangan, tapi untuk trayeknya tidak ada yang berubah. Karena dia cuma mengantikan posisi – posisi kapal yang sudah ada,” kata Djasman kemarin.

Rute KM. Sabuk Nusantara 63 yang dipindahkan keperairan Biak, Papua, akan diisi KM. Sabuk Nusantara 107. Sedangkan KM. Sabuk Nusantara 31 yang akan dialihkan ke Maumere Nusa Tenggara Timur (NTT) bersama KM. Maloli akan digantikan KM. Sabuk Nusantara 106.

Sementara itu, KM. Sabuk Nusantara 87 akan mengantikan KM. Sabuk 43 dengan rute perjalanan dari Amahai tujuan Maluku Barat daya Hingga Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Maluku menjadi satu- satunya Provinsi yang memperoleh kapal dalam kondisi baru. Olehnya itu, dia meminta agar para calon penumpang ikut merawat kapal tersebut.”

Djasman menghimbau kepada calon penumpang, agar tidak menyertakan barang berbahaya semisal minyak tanah dan bensin dalam pelayaran.

“Ini membahayakan dalam pelayaran. Meskipun sangat dibutuhan di tempat tinggal mereka tapi jangan disertakan dalam pelayaran,” kata dia. (R1)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top