GERBANG PENDIDIKAN

Unpatti Teliti Buah Galoba Untuk Obat HIV/AIDS

Rektor Universitas Pattimura Ambon, Prof.Dr. MJ Saptenno, saat memberikan pemaparan program pengembangan Universitas Pattimura Ambon untuk menjawab tantangan Industri 4.0, Sabtu, 1 Juni 2019

UNIVERSITAS  Pattimura (Unpatti) Ambon saat ini tengah memfokuskan penilitiannya terhadap buah Galoba.

Tumbuhan hutan khas Maluku ini dianggap biasa dijadikan sebagai obat penyembuh penyakit HIV/AIDS.

Hal ini diungkapkan Rektor Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Prof.Dr. M.J. Saptenno dalam jumpa pers yang berlangsung di lantai 4 gedung Rektorat Unpatti Ambon, Sabtu 1 Juni 2019.

Rektor mengatakan, buah Galoba ini nantinya dipadukan bersama salah satu daun dari tumbuhan khas asal Sulawesi Utara.Keduanya bakal diteliti untuk dijadikan penawar HIV/AIDS.

Dikatakan, sebagai langkah awal Universitas Pattimura Ambon telah mengirim buah Galoba itu bersamaan dengan Daun Kahas Provinsi Sulawesi Utara untuk dikembangkan di Amerika. Dan Hasil dari pengembangan itu, sangat luar biasa.

Menurut Rektor, penilitian dan pengembangan terhadap potensi sumber daya yang dimiliki daerah ini merupakan langkah inovatif untuk mendorong “Kampus Biru” ini sejajar dengan Universitas lain.

Selain buah Galoba, Pisang “Tongkat Langit” juga menjadi konsen pengembangan. Buah khas Maluku ini sementara diteliti khasiatnya untuk obat dan bahan makanan kedepan.

Kerjasama Unpatti Ambon dan Institut Teknologi Bandung (ITB) tidak saja sebatas itu. Namun potensi potensi lain yang dimiliki daerah ini juga akan dikembangkan kedepan.(CIK)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top