NEWS UPDATE

Untuk Kemajuan Maluku, Investasi Harus Didorong Dari Pusat

CALON Anggota DPD RI, nomor urut 26 Eddy Sambuaga mengatakan, untuk memacu kemajuan Maluku, maka investasi ataau pemodal  harus didorong dari pusat baik yang bersumber dari pemerintah maupun suwasta ke Maluku dan disini harus ada peran aktif dari para wakil rakyat di pusat termasuk unsur perwakilan daerah di parlemen.

”Iya semua harus didorong dari pusat. Di sini butuh peran wakil rakyat termasuk unsur perwakilan daerah di parlemen. Ini penting untuk mengejar ketertinggalan Maluku, juga untuk mengatasi persoalan kemiskinan yang terjadi di provinsi seribu pulau ini,” kata Sambuaga kepada RakyatMaluku.com kemarin.

Sambuaga juga menambahkan, pemerintah lokal baik provinsi dan kabupaten/kota harus bisa memberikan dorongan insentif untuk mempermudah penanaman modal agar peluang investasi di provinsi ini jadi terbuka dan banyak investor yang mau masuk.

”Ya, selain intensif dari pemerintah daerah,  tentunya faktor keamanan dan kenyamanan juga sangat penting adanya. Investor jika merasa aman, maka dia tidak akan tanggung-tanggung untuk masuk, apa lagi kalau ada kemudahan dari pemerintah,” paparnya.

Faktor lain yang juga penting, menurut Sambuaga adalah di bidang Sumber Daya Manusia (SDM). 

Karena itu pengelolaan dan pengembangan SDM yang konkrit perlu dilakukan dengan kombinasi pendidikan formal dan pelatihan dalam dunia kerja.

”SDM kita harus siap di segaala bidang, agar nenjadi tenaga siap pakai jika ada penamanam modal di daerah ini,” sambungnya.

Ia juga mengatakan, faktor penguasaan teknologi serta  mindset yang terbuka dan selalu ingin belajar terhadap perkembangan dan aplikasi teknologi harus menjadi motivasi bagi generasi muda di Maluku agar tidak bisa menjadi tenaga-tenaga yang handal dan siap pakai nantinya.

Sambuaga juga menyinggung tentang pembangunan sektor industri kesehatan yang juga penting. 

”Pembagunan di industri kesehatan juga diperlukan untuk meningkatkan daya saing dan daya tawar masyarakat Maluku di tingkat nasional maupun regional,” sebutnya.

Lebih jauh dikatakan, jika Maluku mau maju dengan lompatan-lompatan jitu untuk mengejar ketertinggalan yang ada maka kuncinya ada pada pembangunan industri kesehatan serta tiga hal lain yang penting yaitu investasi atau penamanan modal, SDM yang terlatih, dan penguasaan teknologi.

”Kalau kita fokus pada hal ini, maka saya yakin Maluku akan menjadi daerah yang maju. Saya akan mendorong ini jika dipercayakan masyarakat Maluku untuk duduk sebagai senator di DPD RI nantinya,” janji dia. (ADV)

======================
--------------------

Berita Populer

To Top